Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

cara membuat kolom tegak vertikal



Tentu anda semua sudah familiar dengan gambar-gambar di bawah ini. ya. gambar tersebut adalah proses pembuatan bekisting dan pengecoran kolom bangunan. Kolom merupakan elemen struktur utama yang berperan penting untuk ketangguhan suatu bangunan terhadap beban-beban yang bekerja pada bangunan tersebut seperti beban hidup, beban mati, beban gempa semua terdistribusi ke kolom. kemudian beban tersebut dari kolom disalurkan ke pondasi. Nah mungkin hampir di semua blog teknik sipil sudah dibahas tentang pembuatan kolom. Disini saya akan share pengalaman saya juga, ada beberapa hal kecil yang dianggap sepele tapi penting juga.

Kolom
kolom
kolom


Struktur kolom yang baik adalah kolom yang benar-benar tegak lurus vertikal ke atas. tidak miring sedikit pun. karena apabila kolom miring akan menimbulkan momen yang sangat besar. baik tidaknya kolom yang dibuat tergantung dari saat pemasangan bekisting kolom. namun bagaimana cara agar kita tahu bahwa bekisting kolom tersebut benar-benar sudah tegak atau tidak miring?
ada beberapa cara di antaranya menggunakan alat theodolit atau manual. yang akan saya bahas adalah yang manual. 

  1. Cara agar kolom benar-benar tegak adalah menggunakan bandul yang dikaitkan di atas atau ujung bekisting kolom. kaitkan bandul 20 cm dari tepi bekisting. 
  2. Bandul bisa menggunakan benang yang dipasang dengan beton tahu atau balok kayu kecil. 
  3. Setelah bandul dipasang di ujung ATAS bekisting sejauh 20 cm atau bisa juga kurang dari itu. kemudian ukur jarak antara tepi bekisting BAWAH dengan benang bandul disampingnya. Apakah jaraknya sama dengan yang ditepi atas? jika jaraknya sama berarti kolom itu sudah tegak ke arah bandul.
  4. Tapi ingat. kolom itu bisa miring ke kanan kiri atau ke depan belakang. Apabila yang dipasang bandul tadi di sebelah kanan atau kiri, maka anda perlu memasang yang sisi depan atau belakang. salah satu saja. lakukan hal yang sama dengan yang di atas tadi. jadi anda hanya butuh 2 bandul untuk 1 kolom.

selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Blog, Updated at: 5:58 PM

Post a Comment

Informasi Wisata