Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Pengertian Alat Ukur Theodolite dan Waterpass

theodolite dan waterpass merupakan alat survey yang bisas digunakan oleh para surveyor pada pekerjaan pengukuran tanah. Masing-masing dari alat tersebut mempunyai perbedaan fungsi di lapangan. Pada perkembangan jaman yang semakin modern ini, theodolite dan waterpass tersebut menjadi perangkat yang ampuh untuk membantu kinerja pengukuran tanah. walaupun harganya terbilang mahal akan tetapi mampu memberikan kontribusi yang luar biasa di bidang pengukuran tanah. Saya bisa bilang seperti ini karena memang selama ini theodolite dan waterpass lah yang membantu pada pengerjaan proyek-proyek ya kedua alat itu. bandingkan apabila anda akan mengukur lahan seluas 2 hektar menggunakan meteran. Berapa lama waktu yang dibutuhkan. tidak salah lagi alat ini mampu memberikan efisiensi waktu saat pengukuran. kedua instrumen ini tidak bisa berdiri sendiri saat melakukan pengukuran. Ada instrumen pelengkap lainnya yaitu rambu atau bak ukur, statif dan meteran. Bak ukur digunakan untuk membaca benang atas, tengah dan bawah. Statif adalah instrumen tempat meletakkan theodolit maupun waterpass yang mempunyai tiga kaki penyangga ke tanah. Lalu apa bedanya antara theodolite dan waterpass??

Theodolite

theodolite merupakan alat ukur digital yang berfungsi untuk membantu pengukuran kontur tanah pada wilayah tertentu. Alat ini mempunyai beberapa kelebihan di antaranya dapat digunakan untuk memetakan suatu wilayah dengan cepat. produk dari pengukuran wilayah menggunakan theodolite ini salah satunya adalah peta situasi dan peta kontur tanah. Peta situasi adalah peta suatu wilayah yang dihasilkan dari pengukuran di lapangan yang didalamnya terdapat data letak bangunan, elevasi tanah atau kontur, letak pohon, letak saluran drainase, koordinat bangunan tertentu, benchmark, sungai, dan sebagainya. Sedangkan peta kontur berisi data kontur tanah saja pada wilayah tertentu. Theodolite ini juga bisa juga digunakan untuk pengukuran bendungan, sungai, tebing, jalan, setting out bangunan. Setting out bangunan adalah kegiatan menentukan patok-patok pondasi di lapangan. Istilah lain adalah memindahkan data pada gambar kerja ke lapangan. Pada proyek gedung alat ini biasa digunakan untuk menentukan as-as pondasi atau kolom, marking elevasi lantai atau patok, cek vertikal kolom, dan sebagainya. ini lah beberapa kegunaan theodolite di lapangan.
Theodolite mempunyai fungsi yang berbeda dengan waterpass di antaranya mampu mengukur sudut horizontal dan vertikal sehingga cakupan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh instrumen ini lebih banyak dibanding dengan waterpass. Bagian-bagian pokok pada theodolite bisa lihat pada gambar berikut.
Theodolite. Sumber: Image.google.com
bagian-bagian pokok yang membedakan dengan waterpass adalah
  1.  Operating keys yaitu tombol-tombol yang digunakan untuk memberi perintah pada layar untuk menampilkan data-data sudut, kemiringan, untuk set 0 derajat, dan sebagainya.
  2. Display yaitu layar yang berfungsi menampilkan data-data yang sudah disebutkan pada point no 1
  3. Optical plummet telescope yaitu lensa atau teropong yang digunakan untuk melihat apakah alat ini sudah benar-benar di atas patok atau belum. Apabila sudah tepat di atasnya, maka patok akan terlihat dari Optical plummet telescope.
  4. Horizontal motion clamp yaitu bagian yang digunakan untuk mengunci gerak theodolite secara horizontal
  5. Horizontal tangent screw yaitu bagian pada Horizontal motion clamp yang digunakan untuk menggerakkan theodolite ke arah horizontal secara halus.
  6. Horizontal motion clamp yaitu bagian yang digunakan untuk mengunci gerak theodolite secara vertikal atau naik turun
  7. vertikal tangent screw yaitu bagian pada vertikal motion clamp yang digunakan untuk menggerakkan theodolite ke arah vertikal secara halus.
  8. Nivo Kotak yaitu nivo berisi air dan udara berbentuk lingkaran yang digunakan untuk cek tingkat kedataran pada sumbu I vertikal.
  9. Nivo tabung yaitu nivo berisi air dan udara berbentuk tabung yang digunakan untuk cek tingkat kedataran pada sumbu II horizontal. Dimana sumbu II horizontal harus tegak lurus dengan sumbu I vertikal seperti pada gambar di bawah ini.


Sumbu I dan II pada theodolite. Sumber: Bahan ajar Andi Purnomo, ST MT

Bagian-bagian di atas lah yang akn membedakan fungsi instrumen ini sehingga cakupan pekerjaan bisa lebih luas. Salah satu kelemahan instrument ini adalah membutuhkan waktu setting alat yang lebih lama daripada waterpass karena mempunyai bagian yang lebih kompleks.Setelah anda paham fungsi dari bagian-bagian instrument ini anda selanjutnya bisa mempelajari cara setting alat ini dengan cepat di lapangan pada artikel selanjutnya.

Waterpass

waterpass merupakan alat survey yang lebih simpel dibandingkan dengan theodolite. Selain instrument ini lebih kecil dan ringan. bagian-bagian di dalamnya pun lebih sedikit sehingga fungsi dan kegunaan di lapangan juga terbatas. Fungsi waterpass di lapangan di antaranya digunakan untuk mengukur elevasi atau ketinggian tanah. Biasa digunakan pada proyek perataan tanah, pembuatan lapangan bola, cross dan long section pada jalan atau sungai, untuk marking elevasi pada bowplank atau patok, penentuan elevasi bantu pada kolom bangunan dan sebagainya. Kekurangan dari waterpass ini tidak bisa untuk mengukur dengan sudut horizontal maupun vertikal. Sehingga alat ini tidak bisa digunakan untuk menentukan koordinat suatu titik. hanya elevasi yang mampu dibaca. Sedangkan kelebihan alat ini lebih simpel, kecil, ringan, dan cepat untuk setting alatnya karena pada instrument ini tidak terdapat nivo tabung. hanya ada nivo kotak saja.  
waterpass. Sumber: Image.google.com

Bagian dari alat ini  adalah
  1. Sekrup A, B, C adalah sekrup yang digunakan untuk menyetting nivo kotak agar gelembung tepat ditengah lingkaran
  2. Cermin yaitu komponen dari waterpass yang berfungsi untuk melihat kedudukan gelembung udara pada nivo pada saat bersamaan membidik rambu.
  3. Sekrup penggerak halus horizontal yaitu sekrup yang digunakan untuk memutar alat ke arah horizontal secara halus.
  4. Sekrup pengatur fokus adalah sekrup yang digunakan untuk mengatur fokus objek sehingga terlihat dengan jelas. Kurang lebih sama dengan fokus pada kamera DSLR
  5. Optical alignment Index yaitu digunakan untuk acuan pengukuran tinggi alat ke tanah
  6. Lensa objektif yaitu lensa yang digunakan untuk menangkap objek.
  7. Lensa okuler yaitu lensa yang digunakan untuk melihat objek yang terletak didepan mata pembidik.
Pada intinya komponen pokok yang terdapat pada waterpass sudah pasti terdapat pada theodolite. hanya saja letak komponen yang berbeda. Alat ukur theodolite dan waterpass mempunyai peranan dan fungsi masing-masing sehingga kita bisa memilih menggunakan yang mana tergantung dari jenis pekerjaan yang akan kita kerjakan. Sebenarnya ada alat ukur yang lebih canggih dari kedua instrument ini yaitu Total Station. Anda bisa membaca artikel selanjutnya yang berjudul Total station untuk melihat perbedaannya.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 5:55 AM

1 comments:

  1. CV.GLOBAL HUTAMA
    Jl. Taman Alfa Indah Blok F. 4 No.12-13, Kembangan, 11640, Indonesia
    Phone / WA : 08111390801
    Fax : 021-5840207
    Email : delta_andre@yahoo.co.id
    Pin Blacberry : 5B83F04B
    Web : http://www.anekanindo.net

    Menjual, Sewakan, Service Kilibrasi, Alat-Alat Untuk Survey Pemetaan,Kontraktor,Telekomunikasi,Geologi, Exploration ,Kelautan, Militer,Migas, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Laboratorium Industri Pembangunan Pembangunan, Pengelolahan Lahan Lahan Perhutanan Dan Perkebunan Kelapa Sawit. Diantaranya Sebagai Berikut :

    Total Station :
    -Total Station Sokkia CX-101, CX-102, CX-103, CX-105, CX-105c
    -Total Station Sokkia FX-101, FX-102, FX-103, FX-105
    -Total Station Topcon GTS-102N, GTS-255N, GTS-250 Series
    -Total Station Topcon ES-101, ES-102, ES-103, ES-105
    -Total Station Topcon OS-101, OS-102, OS-103, OS-105
    -Total Station Nikon DTM-322, NPL322
    -Total Station Nikon Nivo 1M, 2M,3M, 5M
    -Total Station Gowin TKS 202
    -Total Station Cygnus KS-102
    -Total Station South NTS-352L
    -Total Station Hi-Target ZTS-320R
    -Total Station Ruide RTS 822A, 822R

    Digital Theodolite :
    – Sokkia DT-540,DT-740
    – Topcon DT-205,DT-205L,DT-209,DT-209L
    – Nikon NE-100,NE-101,NE-102,NE-103
    – South ET-02
    – Ruide ET-02
    – My Surv DT-202C
    – GeoMAX ZIPP-02

    Automatic Level :
    – Sokkia B-20,B-30,B-40
    – Topcon ATB-2,ATB-3,ATB-4
    – Nikon AS-2C,AE-7,AP-8,AC-2S,AX-2S
    – Digital Level Orion 2LS
    – Digital Level GEOMAX ZDL700

    GPS Handheld:
    – Garmin GPSMAP 62s, 64sc
    – Garmin GPSMAP 78s
    – Garmin GPS Oregon 550 kamera 3.2 MP
    – Garmin GPS Montana 650 kamera 5 MP
    – Garmin GPS e-Trex 10,20,30
    – Garmin GPS Rino 610– Garmin Nuvi 1350,Nuvi 50LM,
    – Garmin GPS Aera 500,Aera 550
    – Magellan Explorist 610

    Gps Marine :
    – Garmin GPSMAP 4012
    – Garmin GPSMAP 2108
    – Garmin GPSMAP 585
    – Garmin GPS 128
    – Garmin Radar GMR-18
    – Garmin GSD 22
    – Garmin Antena GA 30
    – Garmin Kabel Transduser
    – Garmin Fishfinder Echo 100,300c,500c
    – Leica Disto D510,D8, X310
    – FURUNO GP-32
    – FURUNO FCV 620
    – FURUNO FCV 627
    – FURUNO 1835
    – Gps Geodetik Trimble,Topcon,Sokkia,Javad
    – Sunto Kompas KB-14 KB-20
    – Kompas Geologi,Kompas Survey
    – Handy Talky
    – Radio Rig
    – Telepon Satelit
    – Walkie Talkie Sepasang
    – Teropong Binocular Nikon
    – Teropong Binocular Bushnell
    – Teropong Malam Night Vision
    – Teropong Jarak Bushnell&Nikon Peralatan Geologi Explorasi Tambang
    – Peralatan Meteorologi
    – Peralatan Hidrografi Laut Dan Sungai
    – Peralatan Survey Hutan Dll

    Sedia Jasa Jasa Pengukuran Tanah & Service Kilibrasi
    Diantaranya :
    Total Station – Theodolite – Automatic Level / Waterpass dan lain-lain.

    – GRATIISSSS !!!! ANTAR DKI JAKARTA PEMBAYARAN COD DI TEMPAT

    ReplyDelete

Informasi Wisata