Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Campuran beton pada rumah tinggal

seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya pada artikel pengertian beton bahwa campuran beton terdiri dari Semen, Pasir, kerikil, dan air. campuran ini merupakan dasar pembuatan beton baik untuk bangunan gedung maupun bangunan rumah tinggal. Rumah tinggal mempunyai perbedaan antara campuran beton pada gedung. Ya. Pada gedung sangat berhati-hati dalam membuat beton karena mempunyai target mutu beton yang direncanakan. Perhitungan proporsinya pun harus dengan kaidah-kaidah SNI atau ACI. Faktor beban yang begitu besar pada bangunan gedung membuat perencanaan mix design harus benar-benar diperhatikan dengan harapan hasil kuat tekan beton saat diuji dapat memenuhi persyaratan. 
Ilustrasi campuran beton. Sumber:images.google.com

Rencana kekuatan beton terletak pada hubungan antara kuat tekan dengan faktor air semen. Pada saat akan melakukan perencanaan campuran harus memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut.
  1. Untuk perencanaan beton yang menginginkan kuat tekan Fc > 20 Mpa maka perbandingan proporsi campuran beton harus menggunakan perbandingan berat (weight Batching) yang tertera pada peraturan PB,1989:17
  2. Untuk beton dengan kuat tekan beton hingga F'c 20 Mpa, proporsi campuran boleh berdasarkan perbandingan volume (volume Batching ASTM c.685). Penakaran volume harus didasarkan pada proporsi campuran dalam berat yang dikonversi ke dalam volume berdasarkan berat satuan volume masing-masing bahan. (PB,1989:17)
  3. Apabila pertimbangan praktis dan kondisi tempat tidak memungkinkan untuk menggunakan prosedur mix design maka diperbolehkan menggunakan perbandingan campuran 1:2:3 = semen:Pasir:kerikil dengan catatan nilai slump tidak boleh melebihi 100 mm.. Hasil perbandingan ini akan menghasilkan kuat tekan beton sekitar 10 Mpa. Dan dianjurkan untuk struktur yang mempunyai tegangan 10 mpa. Apabila menginginkan untuk beton yang kedap air bisa memakai perbandingan 1:1,5:2,5 = Semen:Pasir:kerikil.
dari ketiga syarat di atas kita bisa mengetahui mana yang cocok untuk gedung bertingkat dan untuk rumah tinggal 1 lantai. Ya. Syarat no 3 sering digunakan untuk membuat beton pada rumah tinggal 1 lantai dimana kekuatan struktur juga ditopang oleh dinding. Pertimbangan biaya dijadikan alasan mengapa harus menggunakan cara yang praktis. 


Blog, Updated at: 8:16 PM

Post a Comment

Informasi Wisata