Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara Belajar autocad dengan mudah

Mendengar kata autocad pasti sebagian dari anda sudah familiar dengan kata itu. Khususnya bagi pelajar kejuruan ataupun mahasiswa teknik sipil. Setiap pelajar baru tentu harus belajar autocad karena memang program ini sangat menunjang untuk kegiatan belajar mengajar maupun dunia kerja. Dari yang pemula sampai profesional pun masih menggunakan program ini. jadi bagi anda yang masih pemula untuk belajar autocad jangan khawatir karena saya akan memberikan panduan yang lengkap jelas dan mudah untuk dimengerti. Sebelum kita ke cara menggunakan autocad ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu autocad sebenarnya. Software ini merupakan produk dari autodesk yang digunakan untuk menggambar dengan cepat yang berbasis garis. Autodesk tidak hanya memiliki Autocad saja namun ada yang lain juga seperti Autodesk Land dekstop yang digunakan khusus untuk menggambar kontur tanah. produk yang lain adalah civil design yang digunakan untuk merencanakan pekerjaan-pekerjaan sipil. Program autocad sangat berbeda dengan program grafis lainnya seperti corel dan adobe. Perbedaan utamanya adalah anda bekerja tidak menggunakan toolbar pada autocad jadi anda menggunakan perintah (command) khusus pada keyboard agar cepat. Pada akhir dari artikel ini anda bisa mendownload command-command dasar untuk menggambar.
Seberapa pentingkah belajar autocad bagi anda? jawabannya adalah sangat penting. Untuk saat ini perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak bagi semua sektor. Khususnya pada sektor civil engineering. Tuntutan kerja seorang insinyur adalah pekerjaan yang cepat dan tepat serta dapat dipertanggung jawabkan. Autocad sering digunakan oleh konsultan perencana, kontraktor, drafter, dan sebagainya. drafter adalah orang yang mempunyai keahlian dalam menggambar 2 dimensi bangunan dan mempunyai job deskripsi merevisi segala gambar kerja di proyek. Berbicara masalah proyek, setiap orang yang bekerja diproyek selalu dikejar dengan deadline atau batas waktu proyek. Dalam hal ini kecepatan seorang drafter sangat diperlukan. Dengan bantuan program autocad maka tidak ada yang mustahil. Apakah anda berminat menjadi drafter? Anda tidak harus terlebih dahulu sekolah yang tinggi untuk bisa mempelajari semua. karena saya akan memberikan panduan belajar autocad untuk pemula yang sangat mudah untuk dipelajari. 
Langsung saja buka program autoccad anda bisa menggunakan versi 2008 atau 2009 atau berapa pun. Usahakan di atas 2007 ya. Yang pertama kali anda perhatikan adalah cara instal terlebih dahulu. saya tidak akan mempermasalahkan anda akan menggunakan software asli atau bajakan. Yang jelas pastikan program dapat berjalan dengan lancar saat menggunakannya.

  1.  Apabila anda baru pertama kali menggunakan autocad atau baru saja diinstal maka silahkan lewat program pada windows klik icon autocad untuk membuka. 
  2. Lakukan pengaturan awal Start up. caranya adalah ketik startup (spasi) maka akan keluar pada command seperti pada kotak merah gambar di bawah ini. ketik angka 1 pada command lalu spasi atau enter. Oya pada program autocad untuk fungsi tombol Enter dan spasi pada keyboard sama. anda bisa menggunakan Spasi ataupun enter.

  3. Close program autocad terlebih dahulu. Lalu buka lagi program ini.
  4. Pada saat anda membuka kembali maka muncul pengaturan pop up untuk startup. Ya fungsi dari command startup tadi adalah agar setiap masuk ke program selalu muncul pengaturan ini. 

  5. Dari gambar di atas kita bisa memilih langkah awal yang harus kita kerjakan. ada empat menu pilihan yaitu open drawing (jika anda sudah punya file gambar autocad), default setting, use template, dan use wizard. Sebagai pemula seorang calon insinyur maka saya sarankan pilih yang use wizard
  6. Pada Use wizard anda harus memilih salah satu advanced setup atau quick setup. Untuk pekerjaan non bidang sipil bisa menggunakan quick setup karena tidak banyak yang diatur. Tapi kalo untuk pekerjaan sipil misal membuat kontur tanah dll. Pilih advanced setup.
  7. Pada pengaturan advanced pertama adalah pengaturan unit pilih Decimal dan Precision 0.00 klik Next
  8. Pengaturan Angle. Pilih Deg/min/sec dengan precision 0d00'00" lalu klik Next.
  9. Pada pengaturan angle measure. Pilih North yang artinya 0 derajat dimulai dari arah utara . klik Next
  10. Pengaturan angle direction. Pilih Clockwise agar arah sudut searah jarum jam. Lalu next
  11. Pengaturan area. anda bebas memilih. misalkan gunakan aja widh 1000 dan length 1000 klik Finish
  12. Untuk pengaturan awal selesai. saatnya mulai menggambar.
sebelum anda mulai menggambar ada baiknya mengenal terlebih dahulu command apa saja yang digunakan untuk menggambar. walaupun sebenarnya di dalam toolbar ada perintah semua namun untuk belajar autocad lebih baik langsung menggunakan command pada keyboard. sebagai contoh misal anda akan membuat garis bebas. Ketik L (spasi) lalu klik pada area gambar lalu tarik sampai ujung dari garis yang ingin anda buat kemudian klik lagi dan spasi. 

 Apabila ingin membuat garis yang lurus horizontal atau vertikal sebelum anda mengetik command L, aktifkan dulu ortho dengan cara tekan F8 pada keyboard. Untuk mengembalikan tekan lagi F8.
Apabila anda ingin membuat lingkaran, persegi, memberi warna, membuat garis lengkung dan sebagainya. anda harus menghafal terlebih dahulu commandnya. pada dasarnya command tersebut berasal dari singkatannya saja misalkan membuat garis menggunakan command L spasi kepanjangan dari Line. Membuat lingkaran menggunakan C spasi kepanjangan dari circle. Belajar autocad dangat mudah dilakukan apabila anda giat berlatih. otomatis akan menghafal command-command tersebut. Seperti yang sudah saya janjikan anda bisa mendownload panduan mudah untuk command autocad di bawah ini.



Blog, Updated at: 8:29 AM

Post a Comment

Informasi Wisata