Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara membuat peta kontur dengan Program Land Desktop

selamat pagi engineers. Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara membuat peta kontur dengan cepat. Kenapa harus cepat? karena Kebutuhan lah yang membuat pekerjaan apapun harus cepat. salah satu cara membuat kontur tanah dengan cepat adalah menggunakan program Land desktop. Land desktop merupakan salah satu program dari autodesk yang dikhususkan untuk pekerjaan surface tanah. seperti membuat peta kontur, potongan gambar jalan, membuat alinyemen jalan dan sebagainya. Sebenarnya semua program teknik sipil itu mudah dipelajari hanya saja waktu yang membatasi kita untuk mempelajari semua.
walaupun saya ini seorang engineer sipil namun saya punya sampingan sebagai surveyor tanah. Dalam pekerjaan ini selalu dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan akurat. Tidak sedikit client meminta pekerjaan selesai cepat karena mereka pun juga dituntut demikian. Program land desktop yang saya gunakan versi Land desktop 3. Anda bisa menggunakan versi manapun baik yang terbaru maupun yang lama. pada dasarnya basicnya sama semua. Berikut langkah-langkah pengerjaan kontur tanah.
  1. Anda harus menyiap data hasil pengukuran terlebih dahulu ke dalam bentuk excel berupa data nomor urut, koordinat x, koordinat Y, elevasi, dan keterangan atau biasa disingkat PENZD. seperti pada contoh di bawah ini saya ambil dari data pengukuran bulan lalu dari proyek di yogyakarta.
  2. Save as excel tersebut ke format txt dan simpan dalam folder yang diinginkan
  3. saya anggap anda sudah mempunyai program land desktop dan menginstallnya. Langsung aja buka progran land desktop terlebih dahulu. 
  4. Buat new drawing klik simbol new pada kiri atas. Seperti pada gambar di bawah ini. Lalu akan muncul pop up window. Isikan name drawing dengan nama latihan atau yang lain. Lalu klik Create Project.


  5. Lalu akan muncul pop up window lagi. Pada prototype ganti menjadi default metric. Kemudian isikan nama project "latihan". Klik OK dan klik OK lagi

  6. Akan muncul pop up window create point database.  Langsung klik Ok saja.
  7. Muncul pengaturan selanjutnya Pengaturan Load Setting. pilih yang m1000set (metric 1:1000) kemudian klik Next
  8. Pada Pengaturan Unit. Linear units pilih meters. angle unit pilih degree. Khususnya pada angle display style pilih yang north azimuth. Lalu Next
  9. Pengaturan scale. Skala horizontal 1:1000 skal vertikal 1:100. lalu next
  10. Untuk pengaturan selanjutnya tinggal next terus saja. pada pengaturan terakhir tulis profil name yang sudah dibuat dengan kata latihan. Lalu finish.
  11. Menuju ke menu Point yang terdapat pada menu diatas toolbar. Pilih Point setting. Akan muncul pop window pengaturan point. Di sini yang perlu diatur cukup ke bagian marker dan text. Ganti size unit dengan angka 0.5 dan text juga seperti itu. lalu klik OK. seperti pada gambar di bawah ini.


  12. Lanjut ke pengaturan Point lagi pada menu di atas toolbar. Pilih import/ekport Point. Pilih Format manager. Muncul pengaturan format manager pilih add > User Point file. OK
  13. Masuk pada pengaturan Point file format. Beri nama format dengan PXYZD atau yang lain. Pilih delimited by. lalu klik pada <unused>. Pilih urutan kolom sesuai dengan file data pengukuran. seperti pada gambar di bawah ini.

  14. Klik Load. masukkan data koordinat pengukuran yang sudah kita buat menjadi format txt pada langkah 2. Setelah dimasukkan kemudian klik Parse. Lalu OK. Pengaturan format manager di close.
  15. Buat layer baru dengan nama titik detail atau yang lain. layer ini untuk menampung data pengukuran yang akan kita plot. Caranya cari pengaturan layer. Klik New layer. Lalu aktifkan layer baru tersebut.
  16. Masuk ke pengaturan Point lagi pada menu di atas toolbar. Pilih import/ekport Point. Pilih Import Point. Muncul pengaturan import point. Setting sesuai dengan data yang telah kita buat tadi. Untuk source file tergantung dimana anda menyimpan data pengukuran txt tadi. kemudian klik OK. seperti gambar di bawah ini.
  17. Akan muncul pengaturan lagi. langsung klik Ok saja. data titik-titik penyebaran pengukuran langsung terplot di layar. Apabila anda kesulitan untuk mencari data yang sudah diplot anda bisa zoom all dengan cara ketik z spasi a. hasilnya seperti gambar di bawah ini. 


  18. Tahap selanjutnya adalah membuat garis kontur tanah. yang ini terbilang mudah. Masuk ke menu Terrain pada menu di atas toolbar. Pilih Terrain Model explorer akan muncul pengaturan pop up. Klik kanan pada terrain >> create new surface. pilih Point file klik kanan. add point from autocad object >>Point.
  19. Ketik Entity atau E pada command. apabila cursor sudah berbentuk kotak kecil lalu blok semua titik penyebaran atau titik tertentu yang ingin anda buat kontur. Kemudian Enter. akan kembali ke pengaturan terrain lagi.
  20. Pada pengaturan terrain. Klik kanan pada surface1 (surface yang sudah kita buat) dan pilih Build. Ok>>Ok>>cancel.
  21. Masuk ke menu Terrain pada menu di atas toolbar. Pilih create Contour. akan muncul pengaturan contour. ganti interval minor dengan interval pilihan anda. saya menggunakan 0.1 untuk minornya. Klik pengaturan style manager. Pada pengaturan style manager, Atur contour appearance. Pilih yang add vertical dengan nilai maksimal. Klik OK

  22. Pada Command akan muncul pertanyaan erase old contour? Yes or No. ketik pada command Y spasi. Hasilnya seperti ini. Anda bisa mengubah warna contour sesuai dengan selera anda. pada pengaturan layer.

  23. Langkah terakhir adalah memberi elevasi pada garis contour. masuk menu terrain>>contour label>>group interior lalu pilih interval yang tadi dibuat. klik OK.
  24. Klik kiri mouse didepan garis contour lalu potong garis contour yang akan diberi elevasi.
 Masih banyak cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan program land desktop ini. Selain cara membuat peta kontur juga bisa untuk perencanaan jalan dan sebagainya. menghitung galian dan timbunan. Cara di atas cara yang biasa saya gunakan dalam pekerjaan pemetaan. Dan cocok untuk belajar bagi pemula. semoga bermanfaat. 
Setelah bisa membuat kontur maka langkah selanjutnya adalah membuat potongan melintang dan memanjang secara cepat dengan program land desktop. Selain itu anda juga bisa memperlajari cara menghitung volume galian dan timbunan tanah dengan program land desktop.


Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 6:18 PM

1 comments:

Informasi Wisata