Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara membasmi rayap pada rumah dengan obat anti rayap

Cara membasmi rayap pada rumah dengan obat anti rayap- Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya cara mengatasi tembok yang retak rambut. sekarang akan dibahas juga tentang kerusakan struktur pada kayu. Kayu merupakan bagian struktur rumah yang biasa digunakan untuk berbagai macam elemen rumah. Misalkan sebagai kolom, Usuk, reng, atau lainnya. Masalah utama pada kayu adalah serangan rayap. rayap adalah makhluk prasejarah yang salah satunya berfungsi sebagai decomposer (pengurai) kayu. tanpa kehadiran mereka, bumi ini akan penuh dengan sampah kayu yang membusuk. Akan tetapi makhluk ini menjadi musuh para pemilik rumah karena dapat merusak kualitas bahan bangunan terutama kayu. Sehingga kayu pun menjadi tidak tahan lama. mkhluk ini berkembang biak secara pesat pada musim hujan karena suasana yang lembab. Pada musim ini, makhluk ini akan membentuk koloni-koloni baru. Di mana banyak laron yang bermunculan yang merupakan rayap dewasa jantan dan betina yang sedang mencari pasangan. Makhluk ini hidup berkolon, oleh karena itu dengan kelebihan berkoloni ini makhluk ini mampu menembus permukaan tanah. Apalgi jenis rayap Coptotermes, yang bekerja luar biasa cepat, vertikal, dan mampu menembus material keras seperti semen.

Di dunia kontruksi atau bangunan, cara mengatasi serangan rayap ini sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan pada saat pelaksanaan pembangunan gedung. Biasanya akan menggunakan semacam jenis semprotan alat khusus. Tidak heran jika para pelaksana proyek akan mengatasi serangan makhluk ini dengan tidak main-main. Apalagi sebagai pemilik rumah tentu tidak ingin kualitas rumah yang dibangun akan menjadi berkurang hanya karena gara-gara serangan makhluk ini.

Banyak pemilik rumah yang mengeluh tentang kehadiran rayap di rumah mereka. Sebagian besar merasa kerusakan yang disebabkan oleh makhluk ini pun tak main-main. Pencegahan yang baik harusnya dilakukan sebelum rumah mulai dibangun. sehingga metode pencegahan yang dilakukan bisa lebih maksimal. Proses pencegahan tidak beda jauh dengan cara penyemprotan anti rayap pada gedung.
Rayap. Sumber:images.google.com
Obat anti rayap sangat diperlukan untuk membasmi makhluk ini. Anti rayap pun juga sudah banyak di pasaran sehingga sangat mudah didapatkan. Namun apabila rumah anda sudah dibangun. Anda menemukan tempat rayap pada tanah. berikut ada beberapa tips yang pernah saya lakukan untuk mencegah makhluk ini

1. Metode Fisik
Berikan penghalang masuknya rayap ke dalam bangunan, contohnya menggunakan pasir, perlit, ijuk, granit, atau stainless steel. Metode ini digunakan untuk mencegah penyerangan makhluk ini pada rumah yang sedang dibangun.
2. Metode Hayati
Kita juga bisa memanfaatkan musuh alami rayap untuk mengurangi jumlah populasi rayap. Misalnya Cacing, jamur, dan bakteri.
3. Metode Kimia (Liquid Barrier System)
kita bisa memberikan bahan kimia pada lapisan tanah yang terdapat makhluk ini agar makhluk ini menjadi terhalang untuk masuk ke dalam stuktur bangunan. Adapun caranya sama seperti tindakan preventif sebelum dibangun, yaitu melalui pengeboran dan injeksi sepanjang fondasi.
4. Metode Pengumpanan (Termite Baiting System)
Yang bisa dilakukan adalah melalui pemasangan stasiun-stasiun umpan rayap berisi bahan aktif. Hasilnya proses pergantian kulit rayap terganggu, sehingga pada akhirnya mengurangi jumlah populasi rayap

Dari beberapa artikel lain yang saya baca dan mempraktekannya sebagian. Berikut ada cara membasmi rayap dengan anti rayap yang direkomendasi.
  1. Air Kapur Sirih, ya air ini mempunyai sifat panas yang mampu membakar kulit dari rayap. dan termasuk obat anti rayap yang efektif. Anda cukup menyiramkan air ini ke dalam kayu yang terkena makhluk ini ataupun ke sarangnya langsung di tanah.
  2. Campuran Air, garam dapur dan tembakau, obat ini dinilai efektif untuk mengusir makhluk ini. Caranya adalah campurkan air dengan garam dan tembakau lalu diamkan selama 1 hari. Setelah itu baru disemprotkan pada kayu atau tanah yang terdapat sarang makhluk itu.
  3. Campuran tembakau dan air, ya sebenarnya dengan menggunakan campuran ini saja, rayap sudah tidak bisa berkutik lagi. caranya campuran tembakau dan air didiamkan selama 1 hari kemudian semprotkan ke tkp. 
  4. Minyak tanah, apabila makhluk ini tidak terlalu banyak di rumah anda, maka bisa meggunakan minyak tanah. cukup semprotkan ke kayu dan sarang-sarangnya.
  5. Air sisa cucian beras, campuran ini bisa membunuh rayap walaupun tidak terlalu efektif namun bisa mengurangi.
  6. Termisida, merupakan bahan kimia yang sangat ampuh untuk menghilangkan dan membunuh rayap. namun berbahaya juga untuk lingkungan. sebaiknya cara ini dilakukan pilihan terakhir.
Tidak ada salahnya anda memakai salah satu metode di atas untuk membasmi rayap dan mencegah makhluk ini masuk ke kayu. Cara yang paling efektif adalah pecegahan sebelum rumah dibangun sehingga rayap tidak akan bisa masuk ke dalam kayu.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 8:12 AM

Post a Comment

Informasi Wisata