Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

jenis cat pelindung batu alam yang baik

jenis cat pelindung batu alam yang baik

Berbicara mengenai cat pelindung atau coating untuk batu alam tidak lepas dari cara agar terhindar dari lumut. Ya. Lumut adalah musuh utama dari batu alam. Pada artikel sebelumnya yang berjudul cara memasang batu alam telah saya jelaskan langkah terakhir dari proses pemasangan adalah coating. Ini juga merupakan proses perawatan juga. Cat pelindung mampu memberikan hasil yang baik pada dinding batu alam anda. Cat pelindung bisa digunakan untuk semua jenis batu alam yang biasa sering digunakan. ada beberapa produk cat pelindung yang bisa anda gunakan.
Batu alam untuk dinding. Sumber: image.google .com

Jenis Coating

Ada dua jenis coating yang bisa anda gunakan yaitu clear coating dan invisible water repellent (penetrating finish).Perbedaannya adalah Clear coating dapat membentuk lapisan film di atas permukaan batu, yang menjadikannya tampak lebih indah, bersih, menonjolkan guratan batu, atau menampilkan kesan basah. Sedangkan invisible water repellent adalah coating yang tidak membuat lapisan film di atas permukaan batu, bersifat menolak air, dan membuat batu tetap terlihat alami.Jadi tergantung anda mau memilih yang mana sesuai selera anda. 

Kerusakan pada dinding batu alam, sering disebabkan oleh lumut dan jamur. Keduanya mudah tumbuh diatas permukaan batu yang lembab. Lumut mudah tumbuh diatas permukaan batu yang langsung terkena sinar matahari, sedangkan jamur tumbuh di atas permukaan batu yang tidak terkena sinar matahari. Salah satu cara mencegah pertumbuhan lumut dan jamur adalah dengan memberikan pelapisan (coating) yang tepat.

Produk Cat Pelindung
Ada beberapa produk yang digunakan sebagai cat pelindung atau coating yang sering digunakan. Masing-masing mempunyai karakter dan fungsi masing-masing.
  • Propan Stone Care, pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic solvent based, mempunyai tampilan akhir mengkilap. Cat ini melekat kuat pada batu alam dan tahan cuaca. Cocok digunakan pada batu yang berwarna tua dan gelap, seperti andesit, atau batu pacitoroso. Propan Stone Care membuat guratan dan warna batu lebih indah dan menonjol.
  • Propan Aqua Stone Care, pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic larut dalam air (waterbased). Cat yang ramah lingkungan ini tidak berbau dan tahan cuaca. Cocok digunakan untuk batu berwarna mudah dan terang, seperti batu palimanan, batu bali green, dan batu pacitoroso. Cat ini menonjolkan keindahan warna dan corak batu alam tanpa merubah warna alami batu alam.
  • Propan Stone Care Cat Batu Candi, pelapis batu alam yang terbuat dari bahan acrylic solvent based dengan alkaline guard. Memberikan lapisan berwarna hitam yang rata pada pemukaan batu, mampu menutup dan menghindari bercak putih yang disebabkan garam alkali serta mampu menyamakan warna batu. Cocok digunakan untuk batu berwarna hitam (gelap), seperti batu candi.
  • Sicosol, larutan silicon dalam solvent yang digunakan untuk menjaga permukaan batu tetap kering dan bersih, tanpa merubah penampilan alami dan warna batu. Sicosol cocok diaplikasikan pada batu alam yang bersifat porous, seperti batu paras, atau batu palimanan, karena dapat menonjolkan keaslian tekstur batu.
Selain memberikan cat pelindung pada dinding batu alam, perawatan juga harus dilakukan sesuai dengan penempatan batu alam. Batu alam yang dipasang pada dinding luar kolam, sering kali masih tampak berlumut walaupun sudah diberikan coating yang tepat. Hal ini disebabkan oleh kondisi batu yang lembab karena adanya rembesan air yang masuk melalui kolam tersebut. Untuk pencegahannya, dinding kolam harus diberikan waterproofing sehingga tidak ada kebocoran pada dinding kolam. Batu alam yang dipasang pada dinding pagar seringkali tampak putih karena alkali. Hal ini disebabkan oleh alkali yang terbawa oleh aliran air pada sat hujan, keluar melalui celah batu. Untuk mencegahnya, pagar harus didisain sebaik mungkin, sehingga tidak ada air hujan yang terjebak dan menggenang diatas permukaan pagar bagian atas. Genangan air ini menyebabkan air merembes dan membawa garamalkali keluar di celah batu alam


Blog, Updated at: 7:52 AM

5 comments:

  1. sekarang harga batu alam berapa ya gan

    ReplyDelete
  2. terimkasih sudah mempercayakan kepada kami

    ReplyDelete
  3. thanks gan info nya :) BW http://seriburesepkue.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Informasi Wisata