Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara mengecat tembok lama rumah


Bagaimana si cara mengecat ulang tembok rumah lama? mungkin pertanyaan ini yang selalu muncul kepada orang yang belum pernah melakukan renovasi rumah. Rumah merupakan tempat yang nyaman untuk berkumpul keluarga dan tempat istirahat. Rumah yang nyaman tidak hanya rumah yang baru melainkan rumah lama yang sudah direnovasi. Pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara mengecat tembok yang sudah lama menjadi cat warna baru. Tentu banyak perlakuan yang harus dilakukan untuk membuat cat tembok menjadi baru lagi. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus cat lama dengan aman dan cepat. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana teknik pengecatan yang baik. Nah, pada artikel ini akan dibahas secara simpel cara menghilangkan cat lama. 

cara mengecat tembok lama
  1. Usahakan menggunakan pakaian yang safety untuk melindungi badan dari zat kimia cat lama atau baru. misalkan menggunakan kacamata, lengan panjang, dan sebagainya. 
  2. Buka ventilasi atau jendela dan pintu di ruangan agar udara tetap bersirkulasi dengan lancar. 
  3. Tutup lantai bawah tembok menggunakan koran atau kardus agar cat tidak berceceran kemana-mana. 
  4. Hapus cat lama menggunakan zat kimia paint remover yang sudah beredar di pasaran. Sebenarnya banyak produk-produk lain yang bisa digunakan. Pada contoh artikel ini menggunakan merk Propan PPR-730 yang sudah umum dipasaran. 
  5. Aduk rata propan paint remover sebelum digunakan
  6. Oleskan paint remover tersebut ke cat lama hingga rata menggunakan kuas. 
  7. Diamkan selama 3-10 menit hingga cat lama mulai menggelembung. Lalu bersihkan menggunakan kape atau semprot air bertekanan tinggi. 
  8. Cuci bersih tembok yang sudah terkena zat paint remover tersebut menggunakan air. 
  9. Tunggu beberapa hari sampai PH tembok atau tingkat kekeringannya memenuhi standar untuk pengecatan terbaru. 
  10. Apabila sudah kering, Gunakan cat dasar alkali sebagai lapisan pertama. di sini kami anjurkan untuk tidak diplamir terlebih dahulu karena pada beberapa kasus ada yang terjadi pengelupasan akibat plamir. 
  11. Lakukan pengecatan warna menggunakan cat yang diencerkan 10%. Selang 2 jam lakukan lapis kedua dengan cat tanpa diencerkan. 

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa cara mengecat tembok lama pada rumah perlu dilakukan beberapa tindakan terlebih dahulu. Apabila hasilnya ingin maksimal maka sebelum pengecatan harus diperiksa PHnya terlebih dahulu menggunakan kertas lakmus. Tempelkan kertas lakmus pada tembok yang dibasahi air. Apabila kertas berwarna hijau muda menandakan kadar alkali PH 7-8 yang artinya sudah layak cat baru. Demikian tips cara mengecat tembok lama pada artikel ini.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 11:49 PM

Post a Comment

Informasi Wisata