Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara membuat plafon ekspos dengan mudah

Cara membuat plafon ekspos dengan mudah- Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips dan pengalaman tentang cara membuat plafon ekspos pada proyek. Plafon ekspos adalah plafon tanpa papan seperti gypsum, kalsiboard, ethernit atau yang lain. Yang dimaksud ekspos disini adalah pelat beton dijadikan finishing plafon. Pekerjaan ini berkaitan dengan pekerjaan struktur karena pelat beton yang akan dijadikan plafon termasuk dalam pekerjaan struktur. Artikel ini akan menjelaskan prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan plafon ekspos. 

Membuat plafon ekspos tidak semudah yang dibayangkan karena anda dituntut menghasilkan finishing yang benar-benar flat dan rapi. Untuk saat ini memang sebagian besar proyek seperti hotel, gedung perkuliahan, rumah sakit lebih banyak menggunakan plafon ekspos karena untuk maintenance lebih mudah. Berdasarkan analisa biaya, pekerjaan plafon ekspos memang sedikit lebih mahal dibanding plafon gypsum. 
http://www.jasasipil.com/2015/10/cara-membuat-plafon-ekspos-dengan-mudah.html
plafon ekspos

Plafon ekspos harus benar-benar direncanakan sejak awal pekerjaan struktur karena flat tidaknya sangat tergantung dengan pelat beton. Untuk menghasilkan pelat beton yang datar dan rapi harus menggunakan bahan material bekisting pilihan seperti kayu bekisting dan multiplek. Untuk membuat plafon ekspos biasanya menggunakan multiplek tegofilm tebal 12 mm agar hasilnya lebih maksimal. Sebelum ke metode pelaksanaan, ada baiknya diperhatikan terlebih dahulu faktor-faktor yang mempengaruhi hasil dari plafon ekspos. 
  1. Pekerjaan beton khususnya pelat harus benar-benar rata dan mulus.
  2. Material bekisting yang digunakan.
  3. Penggunaan bekisting menggunakan multiplek tegofilm dengan pemakaian maksimal 2x.
  4. Menggunakan material compound yang berkualitas agar tidak terjadi retak-retak. 
  5. SDM yang melakukan pekerjaan plafon ekspos
Teknik pelaksanaan plafon ekspos mungkin berbeda-beda tiap tukang ataupun tiap daerah. Namun dari segi material khususnya compoun biasanya menggunakan MU 200, Aplus, Lemkra, Sika, dan sebagainya. Berikut metode kerja dan tata cara membuat plafon ekspos.
  1. Siapkan bahan material untuk compoun seperti yang disebutkan tadi. Pilihlah material yang berkualitas dan sudah terbukti dipakai banyak pelanggan.
  2. Siapkan tukang dan kenek yang mempunyai keahlian untuk pekerjaan plafon ekspos karena tidak semua tukang memiliki kemampuan itu.
  3. Cek terlebih dahulu tingkat kedataran plat beton menggunakan waterpass. 
  4. Cek apakah ada beton yang keropos atau tidak. Jika terdapat beton yang keropos parah maka harus digroating terlebih dahulu.
  5. Buat campuran adukan skimcoat dengan penambahan air sesuai dengan ketentuan merk skimcoat. 
  6. Gunakan roskam besi untuk menempelkan adukan skimcoat ke beton. 
  7. Gunakan jidar aluminium untuk meratakan dag beton. 
  8. Tunggu beberapa hari agar skimcoat benar-benar kering. 
http://www.jasasipil.com/2015/10/cara-membuat-plafon-ekspos-dengan-mudah.html
Hasil plafon ekspos

Setelah kering dan kadar air sesuai dengan kriteria pengecatan, maka bisa dilakukan proses pengecatan yang baik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas hasil plafon ekspos sangat dipengaruhi oleh material skimcoat yang digunakan. Apabila anda memilih menggunakan material yang berkualitas tinggi tentu harganya juga akan sangat mahal. www.jasasipil.com mempunyai trik agar hasil plafon ekspos maksimal namun menggunakan material skimcoat merk biasa yaitu adukan skimcoat dicampur dengan lem kayu fox agar lebih merekat dan tidak retak-retak di suatu hari nanti. Untuk proporsi campuran tergantung dari merk skimcoat yang digunakan karena yang bisa merasakan campuran sudah pas atau belum adalah tukang yang mengerjakan. Demikian tips cara membuat plafon ekspos dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 2:24 AM

Post a Comment

Informasi Wisata