Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium dibanding kusen kayu

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium dibanding kusen kayu- Pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu tentang kelebihan dan kekurangan kusen aluminium pada pintu kaca dan jendela kaca. Pada artikel sebelumnya Mengenal jenis kaca dan aluminium sudah dijelaskan bahwa perkembangan jenis kaca sangat pesat dan beragam tergantung dari fungsinya. Nah, pada artikel ini saya akan lebih banyak membahas tentang kelebihan dan kekurangan kusen aluminium jika dibandingkan dengan kusen kayu. Kusen adalah frame atau rangka yang berfungsi untuk penempatan atau perletakan kaca. Saat ini kusen aluminium sudah banyak diminati masyarakat karena kelebihannya. Lalu bagaimana dengan nasib kusen kayu? kusen kayu tetap diminati oleh kalangan tertentu. Di rumah-rumah sederhana pun masih menggunakan kusen kayu.
Informasi kelebihan dan kekurangan kusen aluminium ini semata-mata untuk menambah referensi anda sebelum memutuskan akan menggunakan kusen aluminium atau kusen kayu. Kusen aluminium sangat diminati oleh pemilik bangunan yang menggunakan konsep kaca seperti hotel, rumah sakit, apartemen, dan sebagainya karena memiliki kelebihan-kelebihan. banyak kelebihan aluminium yang menarik perhatian pada konsumen atau pemilik bangunan. Tidak dipungkiri bahwa eksterior bangunan banyak sekali yang menggunakan material kusen aluminium dan kaca. Sebenarnya untuk kelebihan dan kekurangan kusen aluminium ini bisa disiati atau disesuaikan dengan konsep bangunan. Tidak semua bangunan menggunakan aluminium kaca karena memang konsep dari arsitek diluar itu. 

kusen aluminium
Aluminium sendiri mempunyai 2 sistem finishing yaitu anodized dan powder coating yang sudah saya jelaskan secara singkat di Mengenal jenis kaca dan aluminium. Untuk saat ini memang bangunan-bangunan hotel lebih sering menggunakan kusen aluminium dengan finishing powder coating karena memang hasilnya lebih sempurna dan warnanya lebih merata. Di pasaran sendiri sudah tersedia beberapa ukuran kusen aluminium yaitu 3" dan 4". Sedangkan tebal dari kusen sendiri mulai dari 0.9 mm sampai 1.15 mm. Beberapa aplikasi penerapan kusen aluminium diantaranya adalah jendela kaca, curtain wall (dinding eksterior kaca), Pintu kaca, kanopi kaca, skylight kaca dan sebagainya. Berikut ini beberapa poin kelebihan dan kekurangan kusen aluminium

KELEBIHAN KUSEN ALUMINIUM
  1. Bahan aluminium sangat awet dan tahan lama, tidak dimakan rayap, tidak menyusut seperti kayu dan tidak akan mengalami perubahan bentuk akibat cuaca.
  2. Kusen aluminium lebih tahan keropos dan tidak dimakan rayap.
  3. Kusen aluminium lebih ringan tapi kuat sehingga dari segi pemasangan lebih cepat. 
  4. Perawatan untuk kusen aluminium lebih mudah dan simpel sehingga menjadi daya tarik pembeli.
  5. Tampilan kusen aluminium dapat dicat dengan warna kayu atau motif lainnya. 
  6. Dari segi biaya kusen aluminium lebih murah karena lebih tahan lama dan awet. 
KEKURANGAN KUSEN ALUMINIUM 
  1.  Desain dan bentuk kusen aluminium sangat terbatas karena memang harus buatan pabrik. Sehingga tidak semua desain kusen bisa menggunakan aluminium 
  2. Pemasangan kusen aluminium menggunakan alat fischer yang mengandalkan kekuatan sekrup fischer. Sekrup tersebut diborkan dan ditanam pada openingan jendela maupun pintu yang sudah rapi diplester dan diaci. 
  3. Fabrikasi kusen jendela maupun pintu harus benar-benar disesuaikan dengan ukuran dilapangan karena jika ternyata kondisi openingan ternyata selisih dengan kusen yang telah dibuat maka kusen tersebut tidak akan bisa dipasang. Sehingga ukuran memang harus benar-benar akurat.
  4. Cara pemasangan kusen hanya mengandalkan sekrup yang dipasang melekat pada dinding. sehingga pemasangan harus benar-benar presisi sehingga disarankan untuk tidak menggunakan kusen aluminium yang terlalu tipis dan bermutu rendah.
  5. Kadangkala saat pemasangan kusen menyebabkan sudutan pada openingan menjadi rusak sehingga harus memperbaiki lagi sudutan tersebut. 
  6. Sambungan antara siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan masuk. Salah satu solusinya antara openingan dengan kusen diberi sealant yang netral (tidak asam atau basa). Sealant ini berbeda dengan sealant karet pada kaca. Sealant karet berfungsi untuk menahan muai kembang susut pada kaca agar tidak pecah.  
  7. Tidak semua desain atau konsep rumah cocok dengan kusen aluminium. Dengan kata lain jika anda menginginkan kusen aluminium ada baiknya buat lah konsep rumah yang sesuai.

jendela aluminium
kelebihan dan kekurangan kusen aluminium di atas merupakan bahan pertimbangan buat anda jika akan menggunakan kusen aluminium. Pada dasarnya kusen aluminium bisa digunakan untuk konsep-konsep bangunan bertemakan mewah. namun jika anda lebih tertarik pada desain rumah yang klasik ada baiknya perhatikan kelebihan dan kekurangan kusen kayu berikut ini. 

KELEBIHAN KUSEN KAYU
  1.  Kusen kayu bisa diterapkan pada desain rumah type apa saja. Hampir semua konsep rumah cocok dengan kusen kayu
  2. Kusen kayu lebih bervariasi dari segi bentuk sesuai dengan kebutuhan seperti konsep tradisional, modern, minimalis, klasik dan sebagainya
  3. Kusen kayu sangat cocok untuk rumah dengan tampilan natural sehingga secara estetika kayu lebih menarik daripada aluminium
  4. jenis kayu banyak yang kuat dan cocok untuk kusen seperti kayu jati, kamper, ulin dan sebagainya
  5. Kusen kayu lebih fleksibel dapat dirubah bentuknya sesuai dengan desain seperti bentuk lurus atau melengkung.
  6. Kusen kayu lebih dapat menahan panas atau dinding dari luar ruangan
  7. Ornamen kayu mampu menampilkan rumah dengan konsep alami.
KEKURANGAN KUSEN KAYU
  1.  Jaman sekarang ini sangat sulit untuk mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik
  2. Kayu mudah sekali dimakan rayap
  3. Kusen ini membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan berkala dengan cat atau coating khusus agar tetap awet. 
  4. Kayu lebih bisa memuai atau mengalami kembang susut jika kualitas kayu tidak baik sehingga pintu sering sekali tidak bisa dibuka atau seret
  5. Harga kusen kayu lebih mahal dibanding dengan aluminium karena kayu lebih tidak awet dibanding aluminium. 
  6. Proses pemasangan pintu maupun jendela kayu lebih lama jika pemasangan dalam volume yang besar karena kusen kayu lebih berat.
Informasi kelebihan dan kekurangan kusen aluminium dan kusen kayu di atas bisa dijadikan pembanding untuk pemasangan pintu maupun jendela. Pada dasarnya penggunaan material aluminium maupun kayu tergantung dari konsep bangunan anda. Setelah membaca artikel ini diharapkan tidak bingung lagi akan menggunakan material yang mana. Demikian informasi kelebihan dan kekurangan kusen aluminium ini semoga bermanfaat.

Untuk Info lebih silahkan gabung di grup facebook Ilmu Proyek


Blog, Updated at: 7:12 AM

Post a Comment

Informasi Wisata