Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Mengenal jenis kaca dan aluminium pada rumah

Mengenal jenis kaca dan aluminium pada rumah- Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang jenis kaca dan aluminium pada rumah. Kaca merupakan material arsitek dan interior yang akan memberikan kesan yang mewah pada rumah anda. Kebanyakan orang akan memilih pintu kaca ataupun partisi kaca karena memang mengambil konsep mewah untuk rumahnya. Di Indonesia sendiri penggunaan pintu kaca masih banyak digedung-gedung tinggi seperti apartemen, hotel dan rumah sakit. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan jenis pintu kaca pada rumah. beberapa bagian dari bangunan yang menggunakan aksesoris kaca adalah pintu loby hotel, dinding kaca shower room, pintu kaca shower room, jendela kaca, curtain wall, kanopi dan sebagainya. 
Jenis pintu kaca dan jendela kaca pada rumah sangat beragam dan tergantung dari fungsi kaca tersebut. Biasanya kaca dikombinasikan dengan aluminium. Aluminium ini biasa digunakan sebagai kusen dan rangka dinding kaca. Permainan kaca pada bangunan harus benar-benar terukur untuk tingkat keamanannya karena jika terjadi pecah akan menyebabkan korban jiwa karena pecahan kaca sangat tajam. Tidak heran jika sekarang banyak bermunculan jenis kaca Safety Glass. Sebelum membeli kaca alangkah baiknya anda mengenal jenis-jenis kaca dan aluminium. Artikel berjudul Mengenal jenis kaca dan aluminium pada rumah ini akan saya bagi menjadi 2 bab pembahasan yaitu Jenis kaca dan jenis aluminium.

1. JENIS KACA
Pengenalan terhadap jenis-jenis atau tipe kaca pada rumah sangat penting bagi anda yang menyukai desain-desain interior menggunakan kaca. Beberapa merk kaca diantaranya adalah asahimas,mulia, dan sebagainya. Untuk daftar harga kaca terbaru bisa kunjungi daftar harga kaca. Jenis Kaca yang sering digunakan pada rumah diantaranya adalah sebagai berikut

Kaca Bening
Kaca bening merupakan kaca polos tidak berwarna. orang sering menyebut dengan clear glass. Jenis kaca ini biasa digunakan pada jendela kaca. Adapun ukuran ketebalan dari  kaca ini adalah 5 mm, 6 mm dan 8 mm. Kaca ini juga bisa digunakan untuk perabot seperti akuarium, meja. Untuk saat ini hotel-hotel budget sering menggunakan kaca bening untuk jendela dengan tebal 6 mm.
`
Jenis kaca bening. Sumber: www.mmexports.com
Kaca Berwarna (tinted glass)
jenis kaca ini adalah kaca polos yang dilapisi lembaran warna yang terbuat dari campuran logam seperti kobalt, besi, silenium dan sebagainya. Orang-orang sering menyebut dengan nama kaca rayben pada kaca berwarna hitam. Kaca dengan merk Asahimas memberikan nama panasap glass. Kemampuan dari kaca ini adalah mampu menyerap 55% sinar matahari.  sehingga memberikan rasa kenyamanan bagi penghuni rumah. Kaca ini juga mempunyai sifat tembus pandang yang rendah. Jika ternyata dirasa masih tembus pandang bisa ditambahkan lagi untuk lapisan warnanya. warna-warna yang tersedia tidak hanya hitam melainkan ada beberapa yaitu blue green, dark blue, euro grey, dark grey, bronze dan green. Kaca jenis ini biasa dipasang pada eskterior bangunan seperti jendela.
Jenis kaca warna. sumber:www.ogb.cz

Kaca Es
Jenis kaca ini sering digunakan di boven kamar mandi pada rumah. Kaca es ini mempunyai permukaan yang bertekstur sehingga tidak tembus pandang atau blur. Tekstur ini menyebabkan efek dekoratif, efek pencahayaan yang menarik. jenis kaca es diproduksi dengan cara yang disebut roll-out process, di mana leburan bahan baku kaca dialirkan melalui sepasang rol dengan satu rol memiliki pola tertentu, sehingga pada salah satu permukaan kaca akan tercetak pola sesuai dengan pola pada rol. pada merk asahimas jenis kaca ini disebut indofigur.
jenis kaca es. sumber: www.windowfilm.co.uk

Kaca Cermin/One way
Jenis kaca ini memiliki sifat pantul terhadap objek. Pada produk asahimas di sebut dengan stopsol. Stopsol adalah lapisan untuk kaca yang berfungsi untuk mengurangi sinar matarahari langsung dan memantulkannya. Stopsol ini bisa dilapiskan pada kaca clear atau polos. Jenis kaca ini biasa digunakan pada pintu kaca dan jendela kaca yang akan menimbulkan kesan mewah.
Jenis kaca cermin

Kaca Tempered
Kaca tempered adalah jenis kaca yang mempunyai kekuatan tinggi. jenis kaca ini biasa digunakan untuk gedung-gedung bertingkat tinggi. Biasanya digunakan pada curtain wall (dinding eksterior kaca), pintu kaca, kanopi, dinding shower room dan sebagainya. Kaca tempered mempunyai kekuatan 3-5 kali dengan kaca lain dengan tebal yang sama. Ukuran tebal kaca yang biasa digunakan adalah 10 mm. Proses produksi kaca tempered adalah dengan memanaskan pada suhu 700 derajat celcius kemudian didinginkan dengan cara disemprotkan udara dingin secara mendadak sehingga mengubah gaya tekan dan tarik menarik molekul kaca.
kelebihan dari  kaca tempered ini adalah apabila terjadi kondisi yang parah akan menyebabkan pecahan-pecahan kaca menjadi kecil-kecil dan tidak tumpu sehingga tidak membahayakan korban. Sedangkan untuk kekurangan jenis kaca ini adalah tidak bisa dipotong atau pun di lubangi setelah proses tempered selesai karena akan mengurangi segi kekuatan dari kaca tersebut. Sehingga ada baiknya sebelum ditempered desain kaca benar-benar sudah fix. 
Jenis kaca tempered. www.bililytemperedglass.com

Kaca Laminated
Kaca laminated adalah jenis kaca yang termasuk dalam kategori safety glass karena mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Perbedaan dengan kaca tempered adalah kaca laminated terdapat lapisan atau lembaran polifinil yang menahan kaca menjadi lebih kuat bahkan ketika kaca retak dan pecah akan tetap tertahan pada rangka karena memang terdapat lembaran polifinil. Lembaran polifinil tersebut terdapat pada tengah 2 lembar kaca. Tebal kaca laminated tersedia antara 6+6 mm, 5+5 mm, 3+3 mm dan sebagainya. 
Jenis kaca ini biasa digunakan pada curtain wall, atap skylight, kanopi, dan sebagainya. Kelebihan dari kaca laminated adalah sulit pecah karena terdapat lembaran polifinil. Sedangkan kekurangannya sama dengan kaca tempered yaitu tidak bisa dipotong ketika sudah dilaminated. Selain itu jika terjadi kebakaran dan ada penghuni yang terjebak kaca maka susah menyelamatkan diri karena sulit untuk dipecahkan.
Jenis kaca laminated. www.supercool2u.com.my

2. ALUMINIUM
Setelah anda mengenal jenis-jenis kaca dan kualitasnya maka selanjutnya saya akan berbagi informasi tentang jenis aluminium dan aksesoris pada pintu kaca dan jendela kaca. Informasi ini sangat penting bagi anda yang masih bingung dengan type aluminium yang cocok buat rumah anda. 
Berikut pembahasannya untuk jenis aluminium pada kusen pintu kaca dan jendela kaca.

Aluminium
Aluminium adalah material yang sering digunakan untuk membuat kusen pintu kaca maupun jendela kaca. Sebenarnya untuk membuat kusen tidak hanya dengan material aluminium saja. Untuk saat ini sudah tersedia material lain yaitu UPVC. Namun yang masih sering banyak digunakan adalah aluminium. Aluminium yang sering banyak digunakan adalah merk YKK, Alcan, Superex Alexindo, dan sebagainya.

Warna-warna finishing pada aluminium khususnya merk alexindo terdiri dari 2 sistem finishing yaitu anodize dan powder coating. Anodize adalah  sistem pewarnaan aluminium dengan menggunakan sistem bahan kimia dan tenaga listrik. Sedangkan powder coating adalah sistem pewarnaan dengan penyemprotan bubuk cair dalam suhu ruangan tertentu. Cairan cat yang keluar dalam bentuk butiran-butiran halus. Kelebihan dari powder coating ini adalah warna lebih merata, melekat lama, cepat kering. Warna yang tersedia pada sistem anodize adalah silver, coklat, dan hitam. Sedangkan warna aluminium pada sistem powder coating adalah putig, biru, merah, kuning dan sebagainya. 

Ukuran-ukuran aluminium yang tersedia di pasaran diantaranya adalah ukuran kusen 3" dan 4". Sedangkan untuk tebal aluminium tersedia tebal 1 mm sampai 1.15 mm. Untuk ukuran dan tebal khusus harus pre order terlebih dahulu tentunya membutuhkan waktu yang lama. 


Jenis Aluminium


Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan kusen aluminium bisa kunjungi artikel Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium. Demikian informasi mengenai jenis kaca dan aluminium yang sering dipasang pada jendela kaca dan pintu kaca. Semoga bermanfaat.


Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 1:52 AM

1 comments:

Informasi Wisata