Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Menghitung jumlah kebutuhan semen mortar untuk acian dinding

Sesuai dengan judul artikel ini Menghitung jumlah kebutuhan semen mortar pada acian merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara menghitung kebutuhan semen mortar untuk pekerjaan plesteran. Ya kita mengetahui bahwa step-step pekerjaan dinding adalah pertama pasangan bata, kedua plesteran , ketiga adalah acian dan terakhir adalah pekerjaan cat. Seperti biasa sebelum memulai pekerjaan kita sebagai kontraktor maupun perencana harus menghitung jumlah kebutuhan semen mortar untuk acian terlebih dahulu sebagai bahan dasar estimasi biaya proyek.
Sedikit penjelasan bahwa pekerjaan acian adalah finishing dinding yang akan membentuk dinding menjadi lebih halus dan rata sehingga akan mudah untuk pekerjaan finishing selanjutnya. Tingkat pekerjaan acian dikatakan layak apabila memenuhi beberapa faktor yaitu tegak, rata, dan keras. Teknik pekerjaan acian sangat mempengaruhi hasil dari pekerjaan. Jika metode kerja yang digunakan baik maka akan menghasilkan yang baik pula. Selain itu metode yang baik akan menghemat biaya karena tidak ada biaya yang overhead sehingga sesuai dengan perhitungan di awal. Menghitung jumlah kebutuhan semen untuk acian sangat mudah di lakukan karena sebenarnya dari produk-produk semen mortar sudah mempunyai data teknis. 

Seperti pada perhitungan-perhitungan sebelumnya, setiap merk semen mortar memiliki data teknis. Pada kebanyakan semen mortar untuk acian memiliki kemampuan 3 kg per m2 dengan tebal 2 mm. Sedangkan kebutuhan air sekitar 3 kg/liter.  

Contoh perhitungan adalah
Dinding dengan panjang 25 m dan tinggi 4 m berapa kebutuhan  semen mortar dan air untuk acian dinding?
Luas dinding = 25 x 4 = 100 m2. Maka kebutuhan total = 100 M2 x 3 kg/m2 = 300 kg. Konversi ke zak = 300/30 = 10 zak (1 zak = 30 kg).
Air yang dibutuhkan adalah 300 kg/3 kg = 100 liter. 

Cara menghitung jumlah kebutuhan semen mortar untuk acian di atas sangat mudah dilakukan. Tebal acian untuk dinding biasanya sekitar 2 mm. Apabila penggunaan lebih dari 2 mm maka kebutuhan semen mortar untuk acian juga akan semakin bertambah. Bahan material sangat berpengaruh terhadap hasil pekerjaan acian. Selain itu juga aplikasi pelaksanaan lapangan juga berpengaruh. Cara menghitung jumlah kebutuhan semen mortar untuk acian di atas hanyalah estimasi perhitungan. Sehingga pasti ada terjadi perbedaan volume setelah pelaksanaan lapangan. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 1:46 AM

Post a Comment

Informasi Wisata