Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Menghitung kapasitas septictank dengan mudah

Menghitung kapasitas septictank dengan mudah - Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan bagaiamana cara menghitung kapasitas septic tank pada rumah tinggal. Septic tank adalah media untuk menampung air limbah khususnya tinja manusia. Sebagai manusia biasa selalu mengeluarkan zat sisa dalam tubuh dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Proses pembuangan tinja manusia tersebut melalui closet yang disalurkan lewat Pipa PVC berukuran 4" atau lebih menuju septictank.  

Sebagai seorang engineer, anda harus mempersiapkan kapasitas septictank yang sesuai dengan penghuni rumah. Jangan sampai septictank tidak mampu menampung tinja penghuni rumah. Salah satu cara mencegah hal itu terjadi adalah dengan menghitung kapasitas septictank dengan benar. Pada artikel ini akan diberikan contoh perhitungan yang sangat mudah dilakukan. 

Soal:

Suatu rumah dengan jumlah penghuni rumah atau anggota keluarga 6 orang. Berapa dimensi septictank yang harus dibuat?

Jawaban:

Pada soal di atas ada 6 anggota keluarga. Namun pada saat anda menghitung kapasitas septictank harus diperhatikan jika sewaktu-waktu kerabat atau keluarga jauh berkumpul di rumah anda untuk beberapa hari. Sehingga yang kita gunakan untuk mendesain sekitar 16 orang. 

Sesuai dengan standar kebutuhan air per orang per hari adalah 25 liter
Lama pembusukan 3 hari

1. Menghitung volume septictank

Volume air yang masuk septictank = 16x25x3 = 1200 liter = 1,2 m3
Asumsikan tinggi rencana septictank = 2,5 m
Tinggi muka air = 2/3 x 2,5 = 1,7 m
( Standar septictank harus mempunyai tinggi air 2/3 dari tinggi septictank sehingga ada ruang udara di atas muka air sekitar 1/3 nya.)
Tinggi ruang udara = 2,5-1,7 = 0,8 m

2. Menghitung Luas Alas septictank

    Luas = Volume/tinggi muka air = 1,2/1,7 = 0,7 m2

3. Menghitung ukuran panjang dan lebar alas septictank
 Setelah mendapatkan luas alas maka anda bisa menentukan ukuran panjang dan lebar. Agar lebih mudah sebaiknya panjang diasumsikan 1 m sehingga lebarnya 0,7 m. 

P = 1 m
L = 0,7 m
T = 2,5 m

Untuk proses pemasangan pipa inlet dan outlet sebaiknya tidak sejajar. Sebaiknya Pipa outlet lebih rendah dibanding dengan pipa inlet. Gambarannya seperti di bawah ini.

Menghitung kapasitas septictank
septictank
Demikian tips menghitung kapasitas septictank dengan mudah pada rumah tinggal. Semoga bermanfaat. Untuk saat ini mungkin sudah banyak model septictank yang mengikuti perkembangan jaman. Namun artikel di atas saya memberikan informasi menghitung pada septictank yang sederhana. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 8:25 PM

Post a Comment

Informasi Wisata