Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Penyebab dan cara mengatasi dinding rembes

Penyebab dan cara mengatasi dinding rembes- Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi tips tentang cara mengatasi dinding yang rembes. Dinding merupakan bagian terpenting dari rumah yang berfungsi sebagai partisi ruangan. Namun apa jadinya jika dinding tersebut mengalami rembes dan berjamur. Tentu sebagai pemilik rumah akan berusaha mencari penyebab dinding rembes tersebut. Sebenarnya cara mengatasi dinding rembes sangat mudah jika anda sudah mengetahui sumber dan penyebab rembes tersebut. Jika tidak mengetahui asal usul air yang menyebabkan rembes tentu kita akan kesulitan untuk mengatasinya.
Efek dari dinding rembes ini bermacam-macam. Jangan sekali-sekali meremehkan dinding yang rembes karena bisa menyebabkan beberapa hal berikut ini.

  1. Adanya jamur pada dinding sehingga secara tidak langsung akan mengganggu kesehatan. 
  2. Cat dinding akan mengelupas
  3. Ruangan menjadi lembab 
  4. Muncul bau tidak sedap yang berasal dari bau lembab dan cat. 
dinding rembes
Tips cara mengatasi dinding rembes sangat bermanfaat buat anda yang akan membangun rumah. Karena tindakan terbaik adalah pencegahan. Jika anda sedang membangun rumah dengan cara diborongkan ke orang lain alangkah baiknya anda benar-benar melakukan pengawasan yang berhubungan dengan utilitas terutama kualitas acian dan beton. Pada artikel Contoh surat perjanjian dengan pemborong sudah dijelaskan agar terdapat jaminan-jaminan apabila ada kerusakan. Kenapa harus ada jaminan? Jaminan atau masa pemeilharaan sangat penting jika terdapat kebocoran dan rembes masih menjadi tanggung jawab kontraktor. Karena penyebab dinding rembes bisa saja disebabkan oleh kualitas pekerjaan dari kontraktor yang sangat buruk.
dinding rembes

Metode atau Cara mengatasi dinding rembes berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Kebanyakan dari orang lebih mementingkan desain arsitektur ataupun interior dengan mengabaikan aspek utilitasnya. Rumah idaman setiap orang berbeda-beda. Ada yang memunculkan desain arsitek yang megah, desain yang nyeleneh, bahkan yang berbeda dari yang lain. Namun yang terpenting apapun konsep rumah anda, tidak baik jika masih terdapat dinding yang rembes. Tentu akan merusak estetika rumah anda. Pada artikel Penyebab dan cara mengatasi dinding rembes ini saya akan sedikit berbagi tips yang pernah saya praktekkan. Langkah awal dari perbaikan ini adalah identifikasi sumber yang menyebabkan rembes. Berikut penjelasannya. 

Penyebab 1
Dinding mengalami retak rambut. Pada artike sebelumnya Penyebab dan cara mengatasi retak rambut sudah dijelaskan tentang penyebab dan cara mengatasinya. Biasanya retak rambut ini akan menjadi fatal ketika dibalik dinding adalah area basah atau kamar mandi.

cara mengatasi
Salah satu cara mengatasi dinding rembes akibat retak rambut adalah dengan mengupas bagian retak kemudian diberi kompon atau plamir dinding dan waterproofing. Waterproofing adalah semen atau bahan khusus yang berfungsi untuk mencegah air melewati bidang yang di waterproofing.

Penyebab 2
Penyebab dinding rumah rembes salah satunya adalah adanya aliran air pada dinding yang berasal dari air hujan. Biasanya disebabkan oleh talang air atau dag beton yang bocor. Sehingga aliran air masuk ke dinding.

cara mengatasi
Salah satu cara mengatasi dinding rembes akibat aliran air hujan adalah mencari sumber kebocoran. Misalkan pada dag beton di atap maka yang perlu dilakukan lagi adalah menambal dengan acian atau semen groating pada titik retaknya. Setelah ditambal kemudian diberi waterproofing. Sekarang sudah tersedia jasa-jasa pelayanan waterproofing dengan berbagai merk atau product.

Penyebab 3
Penyebab lain dinding mengalami rembes adalah Belum adanya plesteran pada dinding luar yang berhubungan langsung dengan air hujan.

Cara mengatasi
Mengatasi dinding rembes akibat belum diplester tentu dengan plester dan acian pada dinding luar terlebih dahulu. Minimal pada dinding luar sampai finishing acian. Yang perlu diperhatikan di sini adalah teknik plesteran dan teknik acian harus benar-benar di kuasai oleh tukang. Sehingga air hujan sudah tidak bisa rembes lagi. Setelah itu cek di dalam dinding dalam. Apabila ternyata sudah menjamur, bersihkan dahulu kemudian acian dan cat tersebut harus di amplas. Setelah itu baru diplamir. Tunggu beberapa hari setelah mengering kemudian di cat ulang.

Penyebab 4
Penyebab dinding rembes yang lain adalah akibat rembesan berasal dari kamar mandi. Biasanya disebabkan dinding kamar mandi tidak menggunakan trasram atau campuran semen dengan pasir 1:2. Sehingga menyebabkan air merembes pada dinding sebaliknya.

cara mengatasi
salah satu cara mengatasi dinding rembes dengan penyebab ini adalah mengupas cat dan acian kemudian diberi waterproofing. waterproofing ini bisa dikerjakan sendiri. Merk-merk yang umum dipasaran adalah sika, fosroc, dan sebagainya. caranya adalah campurkan semen khusus tersebut dengan air. Setelah teksturnya seperti acian kemudian oleskan adukan tersebut dengan alat bantu kape ke dinding yang sering terkena air. Tunggu beberapa hari setelah kering ditutup dengan acian semen biasa. Apabila anda berencana untuk memasang dinding keramik itu lebih baik.

Penyebab 5
Penyebab dinding rembes adalah naiknya air permukaan tanah yang menyebabkan dinding pada bagian bawah mengalami rembesan sekitar 1 m dari lantai. Untuk masalah ini kita tidak bisa menyalahkan air karena memang kondisi tempat yang sering mengalami kenaikan muka air. Plesteran yang berkualitas buruk menjadi salah satu sebabnya air bisa naik ke dinding secara kapiler.

cara mengatasi
cara mengatasi dinding rembes akibat permukaan air yang naik adalah dengan meningkatkan kualitas plesteran dan acian. caranya adalah plesteran lama dikupas terlebih dahulu terutama di area 1 m dari lantai. kemudian ganti dengan metode trasram. Plesteran dengan campuran semen pasir 1:2. Setelah di plester tunggu beberapa hari setelah kering kemudian lanjut acian dinding. Setelah mengganti plesteran yang lebih baik dinding yang rembes tidak akan terjadi lagi. 
dinding rembes

Tips penyebab dan cara mengatasi dinding rembes di atas berlaku apabila rembesan air sudah terjadi. Pencegahan terbaik untuk mengatasi rembesan adalah saat pelaksanaan pekerjaan dinding dan pengecoran atap beton dag.  Beberapa hal berikut yang harus diperhatikan untuk mencegah penyebab dinding rembes dan cara mengatasinya.
  1. Saat pekerjaan plesteran dipastikan bahwa metode yang dilakasanakan sudah benar seperti pada artikel teknik plesteran yang baik. Daris segi bahan dan campuran semen dengan pasir gunakan maksimal campuran 1:5. 
  2. Pekerjaan atap dag beton. diusahakan saat pengecoran benar-benar maksimal sehingga tidak menimbulkan rongga atau keropos. Karena rongga beton sangat berbahaya apabila terkena air hujan bisa merembet kemana-mana.
  3. Setelah atap dag beton mengeras, lakukan pekerjaan waterproofing dengan semen khusus seperti sika, fosroc, dan sebagainya. oleskan adukan waterproofing pada atap dag beton. 
  4. Pekerjaan dinding Kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik dinding. Sebelum pemasangan keramik oleskan waterproofing sebelum diplester. pertama, plester tipis pada pasangan bata. setelah kering kemudian diberi waterproofing. Tunggu beberapa hari setelah kering baru diplester kemudian pasang keramik. 
  5. Cek pemipaan air hujan yang ada di atas atap. dipastikan tidak ada kebocoran. 
Demikian tips penyebab dan cara mengatasi dinding rembes pada rumah. Semoga bermanfaat. Pada dasarnya pencegahan lebih baik daripada perbaikan. ada baiknya jika anda akan membangun rumah mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 10:52 PM

22 comments:

  1. wah ternyata banyak juga penyebabnya, baru tau nih
    nice info gan, berguna banget

    ReplyDelete
  2. kebetulan banget nihh kdng2 suka rembes rumah ane klo sehabis banjir :3
    thx info

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga musim hujan besok ga lagi rembes gan

      Delete
  3. tapi masih ada keuntungan gan, rumah jadi dingin didalam, gak perlu pake ase

    ReplyDelete
  4. Infonya bermanfaat banget gan, soalnya pas banget tembok rumah ane kadang" suka rembes.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. itu juga bisa gan. pada dasarnya semua produk sama aja

      Delete
  6. Sangat bermanfaat gan ... izin share selalu yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gan share kemana aja agar bermanfaat juga buat orang lain

      Delete
  7. Info ini berguna sekali bahkan untuk ibu rumah tangga seperti saya.
    Thanks yaa

    ReplyDelete
  8. trimakasih infonya, ilmu tidak akan pernah habis di bagi, lanjutkan gan, sebarkan tips2 bermanfaat, semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas ridwan mampir di blog kami.

      Delete
  9. Tips ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat sekali dan hal tsb memang sangat umum terjadi di Indonesia, terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Kalo rembesnya area dindin yang dipasang batu alam gimana

    ReplyDelete
  11. Mau tanya mas, saya satu dinding dengan tetangga yg kebetulan sudah dibuat 2 lantai. Otomatis tembok dia lbh tinggi dr atap rmh saya. Kalau hujan turunlah rembesan air dr dinding itu. Kami sudah bbrp kali perbaiki tp masih begitu saja kondisinya. Kira2 salah dimana ya mas. Terimakasih bnyk..

    ReplyDelete
  12. Mau tanya mas, saya satu dinding dengan tetangga yg kebetulan sudah dibuat 2 lantai. Otomatis tembok dia lbh tinggi dr atap rmh saya. Kalau hujan turunlah rembesan air dr dinding itu. Kami sudah bbrp kali perbaiki tp masih begitu saja kondisinya. Kira2 salah dimana ya mas. Terimakasih bnyk..

    ReplyDelete

Informasi Wisata