Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Kerja praktik? atau Ajang narsis foto di proyek?

Kerja praktik? atau Ajang narsis foto di proyek? - Pada kesempatan ini saya akan bercerita tentang fenomena anak KP atau kerja praktik. ijin kan saya untuk bercerita diluar masalah teknis lapangan. Tujuan dari artikel ini adalah membangkitkan semangat calon engineers muda saat kerja praktik di lapangan. Pada saat jaman saya dulu KP, semua serius kerja praktik dengan tujuan untuk mencari ilmu lapangan karena memang kasus-kasus di proyek banyak sekali yang tidak ditemukan di tempat kuliah. Seperti dalam artikel saya sebelumnya tentang Istilah-istilah di proyek yang tidak pernah kamu temukan di kuliah sudah dijelaskan beberapa definisi yang mungkin belum anda temukan di kampus. 

Saat ini banyak sekali mahasiswa-mahasiswi KP yang sering sekali hanya datang seperlunya saja di proyek. Padahal tujuan kerja praktik adalah mencari ilmu tentang teknik sipil yang tidak ada di teori kuliah. Perbedaan antara tempat kuliah dan tempat proyek adalah sebagai mahasiswa KP, anda harus benar-benar memanfaatkan waktu selama 3 bulan untuk menggali ilmu kepada orang-orang yang bekerja di proyek. Jika hanya datang seminggu sekali lalu presensi saja, saya jamin anda akan rugi besar. Apalagi di proyek hanya numpang foto-foto narsis di atap. Sebenarnya tidak ada yang melarang anda membawa kamera, justru sebaiknya jika anda mulai kerja praktik bawalah kamera untuk mendokumentasikan pekerjaan-pekerjaan proyek yang anda belum paham. 
ilustrasi saja.

Tidak semua mahasiswa KP di proyek hanya numpang foto narsis di proyek. Ada beberapa mahasiswa KP yang sangat rajin dan aktif bertanya kepada orang proyek. Fenomena anak KP narsis di proyek memang sudah biasa, namun sebaiknya diimbangi dengan keaktifan di proyek agar mendapatkan ilmu sesuai dengan tujuan kerja praktik. Ilmu di proyek sangat lah penting bagi calon engineers untuk menjadi bekal di saat pertama kali kerja di proyek kelak. Selain itu, anda akan mendapatkan relasi baru di dunia kerja sebelum anda lulus kuliah. Artinya setelah anda lulus, anda bisa ikut kerja tanpa tes seleksi. 

Sebagai calon engineers muda penerus bangsa maka anda harus bisa mengkondisikan sesuatu dengan baik. Rugi jika anda diberi kesempatan untuk kerja praktik di proyek hanya untuk numpang foto-foto narsis saja. Berikut beberapa kerugian jika anda kerja praktik tapi hanya untuk foto narsis saja.
  1. Anda tidak akan mendapatkan ilmu-ilmu lapangan secara maksimal
  2. Anda akan melewatkan beberapa kesempatan untuk belajar di lapangan
  3. Anda akan dicap sebagai mahasiswa KP yang pemalas. Dampaknya akan susah mendapatkan relasi di proyek.
  4. Anda tidak akan lulus responsi KP oleh dosen karena materi-materi yang ditanyakan dosen tidak bisa anda kuasai. 
  5. Orang proyek atau kontraktor tidak akan respect kepada anda karena jarang masuk kerja praktik atau kurang aktif sehingga kurang komunikasi antara pelaksana dengan mahasiswa KP
itulah beberapa kerugian jika anda kurang bisa memanfaatkan waktu kerja praktik yang singkat untuk menimba ilmu di lapangan. Saran sebagai orang yang pernah KP dan bekerja di dunia proyek adalah persiapkan diri anda apa saja data yang anda butuhkan di diproyek dan sok kenal saja dengan orang-orang proyek. Yang terpenting jika anda sebagai mahasiswa KP, berusahalah menjaga komunikasi agar kelak mendapatkan relasi yang banyak. Demikian cerita tentang artikel Kerja praktik? atau Ajang narsis foto di proyek? semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 3:25 AM

3 comments:

  1. siiip, saya setuju, jangankan anak KP orang yg sudah kerja saja masih ada yg model seperti itu, yg jelas mereka akan rugi.
    untuk mencegah hal tersebut bilamana kita menjadi pembimbing hendaknya juga aktif memberikan bimbingan dan tugas tugas agar mereka anakKP tidak bermalas malasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mungkin bisa jadi pembelajaran untuk teman-teman calon engineers lain gan.

      Delete
  2. HEHEHE saya lagi ngalamin ini pak. Tapi emang sama kantor jarang diajak ke lapangan, kerjanya malah di kantor melulu. Saya anak desain interior, justru saya malah pingin tahu banyak bagaimana di lapangan. Tapi entahlah perusahaan tempat saya KP rupa-rupanya kurang memperhatikan keberadaan anak magang yang notabene mencari ilmu pengetahuan, bukannya malah disuruh kerja total seperti pegawai lain.

    ReplyDelete

Informasi Wisata