Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Mengenal pekerjaan MEP (Mekanikal Elektrikal dan Plumbing) pada proyek gedung

Mengenal pekerjaan MEP (Mekanikal Elektrikal dan Plumbing) pada proyek gedung- Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai pekerjaan MEP (mekanikal elektrikal dan plumbing) khususnya di proyek gedung. Pada artikel ini saya tidak akan jauh menjelaskan tentang pekerjaan MEP karena mungkin bukan bidangnya orang sipil. Penting buat engineer harus tahu pekerjaan MEP karena semua pekerjaan akan saling berkaitan. 

Proyek gedung merupakan proyek yang terdiri dari beberapa disiplin ilmu terutama struktur, arsitektur, dan Mekanikal elektrikal plumbing. Pada artikel ini akan sedikit perkenalan mengenai pekerjaan MEP karena sangat berhubungan dengan pekerjaan arsitektural. Di dalam satu proyek semua divisi pekerjaan saling kejar-kejaran untuk memenuhi target skedul. Itulah mengapa bekerja di proyek sangat menguras pikiran dan fisik. Semua divisi berpacu untuk mengikuti skedul. Apabila salah satu divisi pekerjaan telat, divisi pekerjaan lain akan terkena dampaknya. 

Berikut ini apa saja pekerjaan MEP (mekanikal elektrikal plumbing) dalam proyek gedung. Saya akan menggambarkan secara sederhana tentang MEP khususnya di proyek hotel. 
  1. Plumbing adalah pekerjaan pemipaan yang terdapat pada bangunan gedung seperti pipa untuk air bersih, air kotor, pipa ventilasi, dan air hujan. Pada pekerjaan pemipaan ini biasanya menggunakan material pipa PVC, pipa PPR, atau pipa galvanis. Untuk air bersih dan air panas/dingin biasanya menggunakan pipa PPR. 
Pemipaan 

  • Pemadam Kebakaran/Fire Hydrant adalah pekerjaan MEP yang masih berhubungan dengan pemipaan air khususnya untuk keperluan pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Jenis pekerjaan ini biasanya menggunakan pipa besi SCH 40 untuk mengalirkan air. Sistem dari pekerjaan pemadam kebakaran pada bangunan hotel akan berkolaborasi dengan pekerjaan elektrikal. Tiap kamar akan dipasang Alat bernama smoke detector yang akan mendeteksi asap atau api yang berada di kamar sehingga secara otomatis sistem pemadam kebakaran akan bekerja sendiri dengan mengeluarkan air melalui alat Sprinkler. 

    Pipa pemadam kebakaran
  • MVAC adalah pekerjaan instalasi AC (air conditioner) pada hotel. Seiring dengan kemajuan teknologi AC, sekarang ini di hotel-hotel menggunakan beberapa sistem AC yaitu split wall dan VRV (Variable Refrigerant Volume).  Info lebih lengkap mengenai AC bisa baca artikel tipe dan jenis AC
AC

  • Pekerjaan elektrikal adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi listrik. Pekerjaan elektrikal mencakup panel TM & Transformer, kabel daya tegangan menengah, panel listrik tegangan rendah, panel distribution box, kabel daya listrik, tegangan rendah, armatur lampu penerangan, saklar, stop kontak dan key tag, kabel instalasi penerangan, instalaso stop kontak, dan sistem penangkal petir. 
Elektrikal

  • Pekerjaan elektronik adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi sistem-sistem dihotel seperti fire alarm system, sistem tata suara, sistem telepon, sistem data, sistem cctv, dan sistem MATV. 
  • Pekerjaan Mekanikal Pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin besar seperti Lift dan ekskalator. 
Itulah beberapa pekerjaan MEP (Mekanikal Elektrikal dan Plumbing) pada proyek gedung secara simpel. Pada umumnya proyek gedung hanya itu-itu saja untuk pekerjaan MEP. Simpel bukan?. Proyek-proyek gedung yang mempunyai tingkat kesulitan di bidang MEP adalah hotel dan rumah sakit karena sistem-sistemnya lebih kompleks. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 2:53 AM

2 comments:

Informasi Wisata