Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Metode pekerjaan pondasi jack in pile untuk pondasi dalam

Metode pekerjaan pondasi jack in pile untuk pondasi dalam- Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pengalaman mengenai sistem pelaksanaan pondasi dalam yaitu metode pekerjaan pondasi jack in pile. Seperti yang kita tahu bahwa tiap bangunan gedung mempunyai sistem pondasi yang berbeda-beda. Banyak faktor yang menyebabkan penggunaan sistem pondasi yang berbeda diantaranya adalah jenis tanah dan berat bangunannya. Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan lebih banyak mengenai metode pekerjaannya yaitu dengan sistem Jack in pile.

Metode pekerjaan pondasi jack in pile berbeda dengan metode pekerjaan lainnya seperti pancang dan tiang bor. Pondasi Jack in pile merupakan pondasi dalam yang menggunakan tiang-tiang beton namun dengan cara ditekan dengan alat jack in pile. Ada beberapa fokus yang akan saya bahas disini antara lain adalah pengenalan alat dan metode pelaksanaan pekerjaan. Metode pekerjaan pondasi jack in pile belum terlalu banyak yang menggunakan. 

Beberapa kelebihan dari metode pekerjaan pondasi jack in pile adalah
  1. Sangat cocok digunakan pada daerah lingkungan penduduk karena hampir tidak ada kebisingan dan getaran
  2. Pelaksanaan lebih praktis dan cepat. 
  3. Tidak terjadi retak pada kepala tiang dan tidak terjadi necking (lekukan pada pondasi) seperti pada bored pile
  4. Estimasi daya dukung tiang pancang dapat langsung dilihat pada hasil bacaan pressure gauge yang ada di alat pancang jack in pile.
Beberapa kekurangan dari metode pekerjaan pondasi jack in pile adalah
  1. Alat pancang jack in pile yang digunakan tidak sebanyak alat pancang diesel hammer biasa sehingga biaya mobilisasi alat relatif lebih mahal.
  2. Hanya kontraktor khusus yang bisa mengerjakan dengan metode jack in pile. Biasanya diborongkan ke sub kontraktor.
Proses pengerjaan tiang pancang dengan cara ditekan menggunakan alat pancang type hidraulic static pile driver merk sunwad ZYJ320. Sedangkan tiang pancang yang digunakan adalah precast concrete. Precast lebih menjamin dari segi kualitas sehingga mutu beton tetap terjaga sesuai dengan perencanaan. Proses pemancangan jack in pile ditekan menggunakan sistem hidraulic yang diberi beban counter wieght sehingga tidak menimbulkan getaran. 

Alat jack in pile mampu memancang tiang pondasi dengan berbagai ukuran mulai dari 200x200 mm sampai dengan 500x500 mm. Salah satu merk alat jack in pile adalah sunwad ZYJ320 dengan beban ultimate mencapai 320 ton. Alat penekan tiang pancang ini terdapat pada bagian tengah mesin dan dikelilingi ole beban counter weight. Jack in pile ini memiliki 4 buah kaki, terdiri dari 2 kaki bagian luar (rel besi berisi air) dan 2 kaki pada bagian dalam yang digerakkan secara hidrolis. Kaki-kaki ini disebut support sleeper. 

Alat bantu lain untuk metode pekerjaan pondasi jack in pile adalah mobile crane. Mobile crane ini berfungsi untuk mengangkat tiang pancang ke alat pancang. Adapun proses pemancangan jack in pile sebagai berikut

Proses pemancangan jacking pile
  1. Setting out atau menentukan titik-titik tiang pancang di lapangan
  2. Memindahkan tiang pancang ke dekat alat pancang dengan mobile crane.
  3. Mengangkat tiang pancang pertama
  4. Memasukkan tiang pancang pertama ke pile clamping box (Penjepit tiang kotak). 
  5. Menyetting tingkat ketegaklurusan tiang pancang terhadap titik yang akan dipancang
  6. Melakukan penetrasi tiang pancang ke dalam tanah dengan cara menekan tiang pancang tersebut. Sisakan tinggi tiang pancang di atas tanah sekitar 50 cm untuk penyambungan tiang ke dua
  7. Memasukkan tiang pancang ke dua  ke pile clamping box (Penjepit tiang kotak). 
  8. Menyetting tingkat ketegaklurusan tiang pancang terhadap titik yang akan dipancang.
  9. Lakukan pengelasan terhadap ujung tiang pancang pertama dan kedua. 
  10. Melakukan penetrasi tiang pancang ke dalam tanah dengan cara menekan tiang pancang tersebut.
  11. Pemancangan tiang dilakukan hingga tercapai daya dukung desain tiang. 
  12. Setelah satu titik selesai, pindah ke titik lainnya.
Pengikatan tiang pancang

Pengangkatan Tiang pancang
Memasukkan tiang pancang
Memasukkan tiang pancang
Tiang pancang masuk tanah
Pengelasan tiang pancang
setelah dipancang

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 11:30 PM

Post a Comment

Informasi Wisata