Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Seberapa besar pengaruh Nilai IPK terhadap pekerjaan anda di proyek?

Seberapa besar pengaruh Nilai IPK terhadap pekerjaan anda di proyek?- Pada kesempatan ini saya akan mencoba membuat sebuah gagasan atau ide untuk menghubungkan antara IPK dan pekerjaan. Artikel ini akan membahas mengenai sisi luar dari ilmu teknik namun sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam mempersiapkan masa depan. Artikel dengan judul "Seberapa besar pengaruh Nilai IPK terhadap pekerjaan anda di proyek?" ini sangat cocok untuk anda yang sedang menempuh belajar di bangku kuliah. Berdasarkan pengalaman saya, Seseorang yang mempunyai IPK tinggi belum tentu akan sesukses dengan orang yang dulu IPK pas-pasan.

Berawal dari pengalaman tersebut, saya mencoba untuk mendiskripsikan dan menyajikan beberapa korelasi antara IPK dan Pekerjaan. Di dunia proyek, tiap pekerjaan akan mempunyai tantangan yang berbeda sehingga di awal proyek anda akan selalu belajar dari awal. Secerdas apa pun anda masih kalah dengan orang yang lebih berpengalaman. Biasanya orang berpengalaman adalah orang-orang yang senior karena sudah terjun di dunia proyek lebih lama. Itu lah alasan kenapa kita harus menghormati orang yang lebih tua. 

Sebagian orang menilai bahwa nilai IPK saat kuliah tidak lah penting. Namun ada sebagian orang juga menilai nilai IPK sangat penting untuk masa depan khususnya di bidang kontruksi. Tidak ada yang salah dari pendapat beberapa orang yang berbeda. Karena untuk urusan masa depan yang menentukan adalah Allah SWT. Sebagai hamba Allah, kita hanya bisa berusaha dan berdoa saja. Kebetulan saya pernah bergaul dengan orang-orang yang berpendapat bahwa IPK berpengaruh terhadap dunia kerja dan orang-orang yang berpendapat sebaliknya. Dari beberapa pendapat saya bisa mengambil kesimpulan seberapa besar pengaruh nilai IPK terhadap pekerjaan di dunia kontruksi. Berikut alasan mengapa anda harus mempunyai nilai IPK yang baik saat kuliah.

  1. Anda wajib membahagiakan orang tua selama duduk di bangku kuliah. Biasanya orang tua hanya melihat berapa nilai yang anda dapatkan tiap semesternya. Apalagi buat rekan-rekan yang rela merantau ke luar kota untuk belajar. Jangan sia-siakan kesempatan itu. 

  2. IPK yang baik akan memudahkan anda dekat dengan dosen-dosen. Mengapa anda harus kenal dan dekat dengan dosen? Dosen-dosen teknik sipil biasanya memiliki beberapa proyek di luar kampus sehingga anda bisa mencari pengalaman kerja sambil kuliah. Tidak dipungkiri bahwa hubungan mahasiswa dengan dosen tidak hanya selama kuliah saja. Setelah anda terjun di dunia kerja, kenal dengan dosen-dosen merupakan relasi yang baik. 

  3. Untuk anda yang ingin berkarir di perusahaan besar, IPK yang tinggi sangat memudahkan untuk lolos tes seleksi awal. Biasanya perusahaan BUMN akan menetapkan syarat-syarat mengikuti tes seleksi. Ada pengalaman dari teman, dia sangat menyesal karena beberapa syarat untuk mengikuti tes hanya karena IPK tidak memenuhi syarat. 

  4. Anda mempunyai pilihan yang lebih banyak daripada orang yang ber-IPK pas-pasan. Jika anda ingin berkarir di perusahaan besar tentu kemungkinan diterima lebih besar. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha, tidak ada ruginya juga anda mempunyai IPK yang tinggi. 

  5. Anda akan menjadi orang tua dari anak-anak anda kelak. "Buah akan jatuh tidak jauh dari pohonnya". Itulah pepatah yang sering kita dengar. Jika IPK tinggi, secara tidak langsung anda akan memotivasi anak-anak kelak. Orang tua yang baik akan memberikan contoh yang baik pula.

  6. IPK yang tinggi akan membuat anda lebih percaya diri dan menjalin banyak relasi. Dengan banyak relasi, saya jamin proyek-proyek akan mengalir dengan deras. Namun tidak semua orang cerdas dan IPK tinggi mampu bergaul dengan baik. Sehingga tidak sedikit pula orang cerdas yang menjadi pengangguran setelah menjadi sarjana.

  7. Di dunia proyek sangat membutuhkan tingkat kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah di proyek dan memberikan ide-ide yang kreatif. Jadikan diri anda sebagai orang yang multi tasking di proyek. 

Itulah beberapa pengalaman yang mungkin bisa menginspirasi rekan-rekan calon engineers. Selain IPK yang tinggi, anda juga harus diimbangi dengan kemampuan bergaul yang baik. Karena kesuksesan seseorang tergantung dari kemampuan dirinya untuk mengenali kelebihan dan kekurangannya diri sendir. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 6:57 PM

Post a Comment

Informasi Wisata