Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Siapa bilang membangun proyek gedung itu susah? Simak tips mudahnya.

Siapa bilang membangun proyek gedung susah? Simak tips mudahnya- Pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman yang mungkin bisa mengubah pola berpikir kita tentang membangun proyek. Pada saat anda belum terjun ke dunia proyek, mungkin anda berpikir bahwa membangun proyek gedung itu susah. Namun kenyataannya membangun proyek itu sangat gampang. Yang susah adalah mendapatkan proyek itu. Tujuan dari artikel ini adalah mengubah mindset anda bahwa semua pekerjaan akan terlihat sulit jika kita tidak melakukan. Sebaliknya semua pekerjaan akan begitu sangat mudah jika kita berani menjalaninya. 

Jika anda kuliah di bidang teknik sipil pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya manajemen proyek. Ya Manajemen proyek sangat penting untuk mengelola proyek karena di mata kuliah tersebut dijelaskan detail tiap teori untuk membangun sebuah proyek. Saking banyaknya yang dibahas pada saat kuliah, jadi ilmu kita terlalu teoritis. Tapi tenang ketika anda sudah terjun ke dunia proyek semua akan berjalan dengan baik. Insting engineering kita akan mudah beradapatasi dengan sesuatu yang baru di proyek. Jika anda sudah mengerti alurnya dalam membangun proyek, maka semua pekerjaan akan terlihat sangat mudah.

Pada artikel ini juga akan saya jelaskan mengapa saya bisa bilang Siapa bilang membangun proyek gedung susah?

Jika anda sudah memahami konsep atau cara berpikir mengenai manajemen SDM maka pelaksanaan proyek akan bisa dikendalikan dengan mudah. Beberapa faktor yang membuat orang berpikir membangun proyek gedung itu susah adalah
  1. Hanya melihat orang saat membangun proyek gedung atau dengan kata lain anda tidak terlibat langsung di dalamnya
  2. Anda adalah orang yang takut belajar sesuatu hal yang baru. 
  3. Anda terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman.
Pada saat ini membangun proyek gedung tidak lah sesulit dahulu. Perkembangan ilmu yang semakin pesat dan bisnis infrastruktur yang semakin menjanjikan membuat para engineers muda untuk membuat usaha sendiri-sendiri. Kenapa membangung proyek gedung bisa dikatakan mudah? Sebelum saya jawab pertanyaan tersebut saya akan menjelaskan tentang permasalahan yang ada diproyek yaitu teknis dan non teknis. Teknis adalah berhubungan dengan metode pelaksanaan yang berkaitan dengan kaidah-kaidah keilmuan. Sedangkan permasalahan non teknis adalah permasalahan yang berkaitan dengan faktor sosial, faktor politik, dan teknik komunikasi dengan owner maupun pihak Bank. 
permasalahan non teknis biasanya lebih sulit dibanding dengan permasalahan teknis. Dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi di proyek untuk menguasai kemampuan non teknis karena di dalam kuliah mungkin tidak pernah dipelajari. Jika anda adalah orang yang mempunyai bakat diplomasi maka beruntunglah karena kemampuan itu sangat dibutuhkan untuk meyakinkan pihak pemberi tugas atau owner. Inilah alasan mengapa membangun proyek gedung itu tidak susah.
  1. Beberapa pekerjaan besar sudah disubkontraktor kan sehingga kita tidak perlu repot-repot memandu pelaksanaan karena yang kita butuhkan adalah hasil akhir dan sesuai schedule. 
  2. Kita bisa memilih pelaksana lapangan yang sudah berpengalaman agar pekerjaan teknis lebih terkontrol. 
  3. Anda sebagai pimpinan proyek cukup mencari staf yang sudah berpengalaman dalam bidangnya sehingga proyek bisa berjalan dengan lancar.
  4. Untuk pekerjaan struktur, arsitek, dan MEP, anda bisa gunakan sistem bas borong atau mandor. Sehingga anda tidak perlu mengatur tukang satu per satu. 
  5. Untuk menghadapi masalah non teknis seperti sosial, carilah staf yang sudah berpengalaman dan senior yang mempunyai kelebihan dalam berkomunikasi yang baik. 
  6. Supplier bahan material sudah berdatangan sendiri untuk menawarkan barangna ketika anda sudah memulai proyek sehingga akan mengurangi beban pekerjaan.
  7. Subkontraktor dan supplier sudah diikat dengan kontrak apabila dikemudian hari terjadi kerusakan maka anda bisa memanggil kembali subkon tersebut.
  8. Sistem pembayaran bisa menggunakan sistem opname progres lapangan sehingga yang anda bayarkan ke subkontraktor yang sudah dikerjakan. Hal ini bisa mengurangi resiko penipuan proyek. 
Itulah beberapa alasan mengapa membangun proyek gedung itu tidak sesusah yang kita pikirkan. Judul di atas adalah pertanyaan ketika saya masih belajar di lapangan. Pertanyaan itu membuka mindset saya bahwa membangun gedung tidak lah sulit karena terdiri dari beberapa tim dan disiplin ilmu. Semoga artikel ini bisa menginspirasi anda untuk menjadi seorang pengusaha kontruksi.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 5:54 AM

Post a Comment

Informasi Wisata