Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Tipe dan Jenis AC yang digunakan di Bangunan Gedung

Tipe dan Jenis AC yang digunakan di Bangunan Gedung- Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai sistem AC yang digunakan pada bangunan gedung seperti apartemen, hotel, dan sebagainya. Tipe dan jenis AC biasanya tergantung dari fungsi bangunan dan ruangan dalam gedung tersebut. Untuk saat ini memang sudah tersedia banyak sistem baru yang tentu mempermudah pelanggan dalam menggunakan AC.

Di dalam proyek gedung sendiri, pekerjaan pemasangan AC termasuk pekerjaan MEP. walaupun anda sebagai civil engineers harus paham dan mengetahui sistem AC terbaru yang sering digunakan. Sistem pekerjaan ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan lain seperti arsitek dan interior. Semua disiplin ilmu di proyek sangat berkaitan dalam proses pelaksanaan.

Jenis Ac yang sering digunakan di gedung biasanya adalah
  1. AC split wall
  2. AC cassette
  3. AC Floor standing
  4. AC VRV
  5. AC AHU
Berikut ini akan saya jelaskan satu persatu tipe dan jenis AC yang digunakan di bangunan gedung.

AC Split Wall
Jenis AC ini biasa digunakan untuk hotel budget. kelebihan dari jenis AC ini adalah bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar misalnya pada ruangan yang posisinya ditengah bangunan karena kondenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan pada tempat yang berhubungan dengan udara luar. Selain itu kelebihan dari jenis AC ini adalah suara di dalam ruangan tidak berisik.

Adapun bagian-bagian dari AC split wall adalah sebagai berikut
  1. Unit indoor yang terdiri dari filter udara, evaporator blower, expansion valve dan controll unit
  2. Unit outdoor yang terdiri dari compressor, condenser, condenser blower dan refrigerant filter
  3. Pipa refrigeran yang menghubungkan antara unit indoor dan unit outdoor. Pipa ini terdapat dua jenis saluran yaitu untuk menghubungkan evaporator dengan compressor dan untuk menghubungkan refrigerant filter dengan expansion valve.
  4. kabel power untuk mengalirkan arus listrik untuk compressor dan condenser blower.
indoor. sumber www.linkedin.com
Outdoor. sumber: www.currentforce.com


AC Cassete
Jenis AC ini biasanya unit indoornya menempel di plafon. Jenis AC cassete terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 1.5 pk sampai dengan 6 pk. Tidak seperti jenis AC lainnya, AC cassete memerlukan keahlian khusus dalam memasang.
Indoor. sumber: www.crossaircon.com
Unit Outdoor. sumber: www.cooleasy.co.uk
AC Split Duct
Jenis AC ini adalah AC dengan pendistribusian hawa dinginnya menggunakan sistem ducting. AC split duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Jenis AC ini biasa digunakan pada gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

Jenis AC ini tidak pernah terlepas dari sistem ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin ataupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi energi, material, pemakaian ruang, dan perawatan.

kelebihan dari jenis AC ini adalah
  1. AC split duct tidak berisik di dalam ruangan
  2. Estetika ruangan terjaga karena tidak ada unit indoor
kekurangan dari jenis AC ini adalah
  1. Perencanaan, instalasi, operasi dan pemeliharaan membutuhkan tenaga yang betul-betul terlatih
  2. Apabila terjadi kerusakan pada waktu beroperasi, dampaknya dapat dirasakan pada seluruh ruangan.
  3. Pengaturan temperatur udara hanya dapat dilakukan pada sentral cooling plant
  4. Biaya investasi awal, biaya operasi dan pemeliharaan tinggi pada jenis AC ini. 

Unit Indoor AC duct
sistem ducting


AC Floor Standing
AC floor Standing adalah jenis AC yang memiliki unit indoor berdiri /duduk dan bisa dipindah-pindah sesuai dengan keperluan. Jenis AC ini memiliki daya 3 pk - 5 pk. Jenis AC ini bisa dibawa kemana-mana dan di sewakan.

AC floor standing. sumber: www.tendacondet.com


AC VRV
AC VRV memilik satu outdoor dan beberapa unit indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, cassete, floor standing dan sebagainya. VRV atau Variable Refrigerant Volume   adalah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbuktu handal, efisiensi energi, melampui banyak sistem AC lama seperti AC central, AC split, dan sebagainya. Jenis AC ini bisa menggunakan satu outdoor untuk lebih dari 2 indoor AC. Kelebihan lain dari VRV adalah dapat diatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi, Jenis AC ini lebih hemat energi, hemat listrik dan hemat tempat.
Sistem VRV. sumber: www.climatecontrolindia.com
unit outdoor VRV


AC AHU
AHU atau Air Handling Unit merupakan jenis AC yang digunakan untuk ruangan yang lebih besar seperti bandara, ruang rapat, mall dan perkantoran. 

outdoor sistem AHU

Itulah jenis-jenis AC yang sering digunakan pada bangunan gedung seperti hotel, apartemen, rumah sakit dan sebagainya. Penggunaan jenis AC pada proyek gedung memerlukan perencanaan yang bagus agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggunaan jenis-jenis AC. Tidak jarang beberapa AC sering mengalami gangguan sehingga memerlukan biaya maintenance yang tinggi. Sehingga perlu dicarikan alternatif perencanaan agar jika salah satu mengalami gangguan tidak mempengaruhi yang lain, Demikian info seputar tipe dan jenis AC yang digunakan di bangunan gedung. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 4:02 PM

Post a Comment

Informasi Wisata