Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Tips Cara plesteran dan acian kolom yang baik

Tips Cara plesteran kolom yang baik- Pada kesempatan ini saya akan berbagi lagi ilmu lapangan. Saya sangat terbuka untuk diskusi atau sharing dengan rekan-rekan engineers di sini semua. Jika dalam artikel sebelumnya berjudul Tips cara plesteran dinding yang baik sudah dibahas mengenai cara plesteran pada dinding. Namun pada artikel ini yang akan saya bahas cenderung ke plesteran kolom beton. Seperti yang anda tahu semua bahwa kolom struktur biasanya terbuat dari beton bertulang sehingga masih membutuhkan finishing kolom agar terlihat rapi.

Plesteran kolom atau beton merupakan pekerjaan finishing yang membutuhkan ketrampilan tinggi karena hasil dari plesteran kolom akan menentukan tingkat kesempurnaan finishing kolom. Pada bangunan seperti hotel dan apartemen, finishing kolom sangat ditekankan karena berhubungan dengan penglihatan tamu langsung. Jika pada proyek menggunakan sistem kolom berbentuk persegi maka yang perlu diperhatikan adalah tingkat kedataran dan kehalusan kolom serta sudut-sudut (sponengan) harus lurus dan rapi. 

Finishing kolom bisa dilakukan dengan dua cara yaitu 
  1. Diplester terlebih dahulu jika permukaan kolom belum datar atau ada cembungan. Setelah diplester, tunggu kering terlebih dahulu selama 2-3 hari kemudian diaci.
  2. Langsung diaci atau skim coat langsung menggunakan semen mortar seperti drymix, MU, dan sebagainya. Kondisi ini dilakukan jika permukaan beton sudah dalam keadaan datar. 
Berikut ini langkah cara plesteran kolom yang baik
  1. Persiapkan peralatan-peralatan dan bahan material terlebih dahulu.
  2. Peralatan yang digunakan adalah jidar aluminium berukuran 1"x3" yang digunakan untuk profil dan penjidaran. 
  3. Bahan-bahan yang digunakan adalah pasir, semen PCC, dan air. Saya anjurkan untuk menggunakan pasir yang berkualitas baik seperti tidak berwarna coklat, tidak terlalu lembut dan bersih dari kandungan lumpur. 
  4. Bahan tambahan lainnya bila diperlukan adalah sikabond dan kawat ayam. 
  5. Buat sipatan atau marking terlebih dahulu untuk menentukan tebal plesteran dan acian kolom.
  6. Memasang profil pada sisi kanan dan kiri kolom dengan holow aluminium 1"x3". Seperti pada gambar di bawah ini. cara pemasangan hollow dengan dijepit menggunakan besi beton.

  7. Sebaiknya gunakan 1 tukang dan 1 kenek untuk 1 plesteran kolom. Jika permukaan beton pada kolom terlalu halus atau licin maka bisa diberi sikabond terlebih dahulu agar daya lekat antara plesteran dengan beton meningkat. Alternatif lain adalah dengan ciping permukaan beton agar menjadi kasar. 
  8. Membuat adukan plesteran dengan perbandingan 1 Pc: 4 Ps. 
  9. Jika penebalan plesteran lebih dari 3 cm, bisa menggunakan kawat ayam. Pertama dikamproti terlebih dahulu. Setelah kering diberi kawat ayam lalu diplester lagi. 
  10. Ratakan permukaan plesteran dengan jidar aluminium agar hasil lebih rata. 
  11. Setelah plesteran kering sekitar 2 hari, lakukan pekerjaan acian dengan menggunakan semen PCC. Alasan menggunakan semen konvensional, pada sudutan atau sponengan lebih awet dan tidak rusak.
  12. Metode pelaksanaan acian sama dengan pekerjaan plesteran. 
Itulah tips cara plesteran dan acian pada kolom beton. Pada beberapa proyek selalu menggunakan metode yang berbeda, Untuk saat ini sistem pengaturan tukang sudah diserahkan ke bass borong atau mandor sehingga kita sebagai civil engineer, hanya membutuhkan output atau hasil yang sesuai dengan SOP. Demikian artikel Tips Cara plesteran dan acian kolom yang baik semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 8:07 PM

Post a Comment

Informasi Wisata