Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Tips memasang keramik lantai dengan baik

Tips memasang keramik lantai dengan baik- Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan tips mengenai cara memasang keramik lantai dan dinding dengan baik. Beberapa ruangan yang membutuhkan pasangan keramik yang baik adalah ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga, dan sebagainya. Dari beberapa ruangan tersebut yang paling sulit pengerjaannya adalah kamar mandi karena luas ruangan yang lebih sempit. Pada artikel Tips memasang keramik lantai dengan baik ini akan dibahas juga peranan arsitek dalam menentukan pola lantai dengan material keramik.

Pada artikel sebelumnya berjudul cara menghitung kebutuhan keramik sudah dijelaskan tentang langkah pertama yang harus anda lakukan jika akan memasang keramik pada rumah anda. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pasangan keramik bagus atau tidak adalah jenis material yang digunakan, Tenaga yang mengerjakan, metode pemasangan keramik dan desain keramik dari arsitek. Pada artikel Tips memasang keramik lantai dengan baik ini akan saya jelaskan satu per satu faktor yang mempengaruhi hasil pasangan keramik. 

1. Jenis material yang digunakan
Cara memasang keramik harus diperhatikan karena memang tidak semua tukang mempunyai skill atau keahlian memasang keramik dengan benar. Selain skill dari tukang, jenis material keramik yang digunakan juga sangat berpengaruh. Jika anda menggunakan keramik yang mempunyai merk di bawah standar tentu hasil lantai akan kurang maksimal karena biasanya merk keramik di bawah standar mempunyai ukuran yang selisih antar keramik. sehingga pekerjaan nat tidak rapi.

Untuk mendapatkan hasil pemasangan keramik yang mempunyai estetika tinggi, pilihlan alternatif lain selain keramik seperti granit, homogenius tile, dan sebagainya, Untuk melihat harga keramik terbaru bisa kunjungi Harga keramik terbaru.  

Keramik
2. Tenaga Yang Mengerjakan /tukang
Untuk memasang keramik lantai dengan baik dibutuhkan SDM atau tukang yang mempunyai keahlian khusus pasang keramik. Tidak semua tukang bisa memasang keramik dengan baik dan cepat. Harga upah harian tukang keramik biasanya memang lebih mahal dibanding dengan tukang lain karena berhubungan dengan estetika interior. Berdasarkan pengalaman sebagai pemborong, saya lebih memilih tukang dengan upah yang diatas rata-rata daripada upah standar tetapi hasil kerjanya sangat kacau. 

Jika anda berniat untuk memasang keramik lantai dengan sistem upah harian ada baiknya tiap hari dievaluasi apakah kinerjanya itu bagus atau tidak. Standar produktivitas tukang keramik adalah minimal 5 m2/hari dengan 1 tukang dan 1 kenek. 

3. Metode pemasangan keramik
Yang tidak kalah penting menentukan hasil pasangan keramik adalah cara atau metode pemasangan keramik. Jika tukang keramik mempunyai skill yang tinggi secara otomatis akan melakukan metode pemasangan yang benar. Berikut metode pemasangan keramik lantai dan dinding yang baik pada kamar mandi.
keramik dinding
  • Merendam keramik di dalam air yang akan membuat keramik lebih elastis dan lebih mudah menempel pada saat pemasangan di dinding. 
  • Seperti pada poin no 1. Jenis dan merk keramik sangat berpengaruh terhadap kualitas keramik. Keramik dengan kualitas rendah akan susah untuk presisi jika dipasang. Nat keramik harus dipasang longgar karena masing-masing keramik bisa memiliki selisih antara 0,2-0,5 mm sehingga tidak saling bertabrakan.
  • Oleskan air semen dan bilaskan semen yang sudah dicampur air sedikit ke bawah keramik. Proses ini akan membuat keramik semakin rekat.
  • Menentukan start point (titik awal pemasangan keramik) sesuai dengan arahan arsitek atau perencana
  • Membuat pinjaman elevasi ruangan atau toilet. 
  • Tarik benang pada elevasi pemasangan keramik dinding dari paling bawah
  • Usahakan membuat start point yang mempunyai sisa potongan lebih dari 10 cm. Agar potongan keramik atau sisa bisa diletakakkan pada belakang pintu. Tujuannya agar pengguna toilet saat masuk pertama yang diliat adalah keramik utuh semua sehingga terkesan rapi. 
  • Langkah memasang keramik selanjutnya adalah membuat kepalaan keramik pada posisi benang yang sudah dipasang
  • Selanjutnya menentukan titik-titik kran dan sanitasi lainnya. Agar memudahkan pemasangan keramik, usahakan titik-titik tersebut diletakkan pada sambungan keramik atau nat. 
  • Memasang keramik dinding dengan urutan ke atas dan sisakan 1 baris paling bawah.
  • Melakukan pekerjaan waterproofing pada lantai dan dinding kamar mandi 25 cm dari lantai. Penjelasan pekerjaan waterproofing bisa baca pada artikel pengertian waterproofing. Tunggu 24 jam, lalu lakukan uji rendam. Pastikan tidak ada kebocoran.
  • Melanjutkan pemasangan keramik dinding toilet bagian bawah.
  • Setelah semua pemasangan keramik pada dinding selesai, pemasangan keramik pada lantai dimulai. Usahakan nat antara keramik dinding dan lantai ketemu.
  • Buat lah kemiringan 2% untuk pasangan keramik lantai agar air bisa menuju ke floordrain. 
  • Setelah pemasangan keramik selesai semua, pekerjaan nat dimulai. Pilih warna yang sesuai dengan warna keramik atau sesuai selera anda. 
  • Bersihkan sisa-sisa nat yang tersisa agar lebih bersih dan rapi.

4.  Desain Keramik dari Arsitek
Jika anda menginginkan pasangan keramik yang baik dan menyatu dengan konsep rumah anda, ada baiknya berkonsultasi dengan arsitek atau interior designer mengenai tipe warna pemilihan keramik. Hal ini penting mengingat warna dan tipe keramik harus sinkron dengan tema rumah. Apabila desain dari arsitek sudah baik tentu dalam memasang keramik lantai dan dinding akan lebih mudah. 

Desain pemasangan keramik lantai dan dinding mencakup tipe dan warna keramik, dan pemilihan start point. Start point adalah titik awal pemasangan keramik. Start point ini sangat mempengaruhi jumlah buangan sisa keramik dan estetika lantai.

start point 
Itulah beberapa penjelasan mengenai Tips memasang keramik lantai dengan baik. Pemilihan desain keramik sangat bergantung dari selera anda yang selanjutnya sang arsitek menerjemahkan dalam bentuk gambar. Demikian tips memasang keramik lantai dan dinding dengan baik semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 6:29 AM

2 comments:

  1. Terimakasih informasinya sangat menarik

    ReplyDelete
  2. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

Informasi Wisata