Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara membuat cashflow proyek gedung

Cara membuat cashflow proyek gedung- Pada kesempatan ini saya akan berbagi artikel menarik tentang cara membuat cashflow pada proyek gedung. Cashflow adalah perkiraan aliran dana yang akan dikeluarkan pada pembangunan proyek sesuai dengan time schedule yang telah disusun oleh kontraktor. Pembuatan cashflow ini biasanya digunakan pada saat awal-awal presentasi dengan owner karena bertujuan untuk mengatur keuangan dari owner tentang jumlah pengeluaran tiap minggunya. 

Cara membuat cashflow proyek bisa dilakukan oleh semua engineers karena pembuatannya sangat mudah. Jika anda sudah berlatih untuk Membuat time schedule kurva S, maka pembuatan cashflow ini akan lebih mudah karena masih berhubungan dengan kurva S. 

Pada sistem pelaksanaan swakelola, Aliran kas atau cashflow sangat penting untuk dipresentasikan ke owner karena berhubungan dengan progres pelaksanaan nantinya. dengan adanya cashflow proyek ini, owner atau pemilik proyek bisa memperkirakan dana yang harus disiapkan. Dana yang harus dikeluarkan pun harus mengikuti progress pelaksanaan. Pengeluaran dana dan pencapaian progress real di lapangan harus seimbang. 

Rumus utama dari pembuatan cashflow proyek gedung adalah 

cashflow = Progres rencana (%) x Total RAB

Progress rencana didapatkan dari kurva S. Jika anda masih ingat dalam artikel sebelumnya, pembuatan kurva s mengacu pada rumus Miller. 

Berikut langkah-langkah dalam membuat cashflow pada proyek gedung.

  1. Pada contoh ini akan mengambil proyek dengan nilai RAB Rp 20 Milyar dengan kurun waktu 12 Bulan. Dimulai pada bulan September 2014. 
  2. Saya anggap anda sudah bisa membuat progres rencana dengan rumus miller. Baca artikel cara membuat kurva S. Pindahkan seluruh progres rencana dari minggu pertama bulan september 2014 sampai minggu terakhir bulan Agustus 2015 ke kolom excel baru. Seperti contoh di bawah ini. 
  3. Pada kolom rencana arus kas Mingguan diisi dengan rumus Rancana progres mingguan dikali dengan Rencana Anggaran biaya. Lakukan untuk minggu-minggu lainnya. Sedangkan untuk rencana arus kas/cashflow Bulanan hanya dengan menjumlahkan seluruh cashflow mingguan selama 1 bulan. 
Jika ingin contoh cashflow dalam bentuk excel bisa download di bawah ini. 



Cashflow ini hanya digunakan sebagai perkiraan saja dana yang akan keluar untuk mempersiapkan segala biaya saat pelaksanaan proyek. Sehingga tidak ada keterlambatan termin dari owner. Demikian cara membuat cashflow proyek di gedung dengan mudah. Semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 6:03 AM

Post a Comment

Informasi Wisata