Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara reschedule kurva S dengan mudah

Cara reschedule kurva S dengan mudah- Pada artikel ini www.jasasipil.com akan berbagi ilmu manajemen proyek tentang cara reschedule kurva S pada proyek gedung dengan mudah. Reschedule sering dilakukan pada suatu proyek ketika proyek tersebut mengalami keterlambatan jadwal pelaksanaan karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan proyek harus di reschedule terdapat pada artikel sebelumnya yaitu Ciri-ciri proyek yang harus direschedule.  Secara teknis, reschedule sangat mudah dilakukan karena hanya mengubah kurva S menjadi kurva S yang dischedule ulang. Pada artikel ini akan saya sertakan dengan contoh kurva S yang mengalami keterlambatan dan yang sudah direschedule.

Pada artikel ini saya hanya akan memberikan panduan untuk reschedule kurva S saja. Untuk membuat kurva S dari awal sudah ada di artikel Cara membuat Kurva S

Sebelum reschedule kurva S ada baiknya analisa terlebih dahulu penyebab keterlambatan proyek dimana saja. Ketika kita sudah menemukan beberapa penyebab utama keterlambatan proyek maka bisa kita antisipasi dengan reschedule. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk reschedule kurva S dengan mudah. 
  1. Cek berapa persen keterlambatan berdasarkan progres rencana dan progres realisasi pada kurva S

  2. Analisa penyebab keterlambatan proyek dan tulis dengan poin-poin yang jelas. 

  3. Jika sudah diketahui dengan jelas penyebab dari keterlambatan, maka dipastikan terlebih dahulu pada schedule yang baru tidak akan terulang lagi. 

  4. Tentukan waktu mulai reschedule pada kurva S. Misalkan dimulai pada bulan depan (Januari).

  5. Tentukan berapa lama penambahan waktu untuk schedule kurva S yang baru. Misalkan pada kurva S lama sudah ditentukan finish project pada bulan Maret 2016. Tapi karena keterlambatan sampai dengan -30.13% maka reschedule ditentukan mulai dari bulan Januari 2016 sampai dengan Juni 2016. itu artinya ada penambahan sekitar 3 bulan dari Kurva S sebelumnya. Untuk menentukan jumlah berapa bulan tergantung dari penyebab keterlambatan dan pengalaman kerja di proyek. 

  6. Pada contoh kurva S ini, progress rencana 68.06% sedangkan progres realisasi hanya 37.93% sehingga deviasi keterlambatan sekitar -30.13%. Silahkan download untuk Kurva S awal dan kurva S yang sudah direschedule. Download Di sini

  7. Setelah anda download file excel di atas, perhatikan yang sheet "kurva S". Pada contoh ini akan kita mulai reschedule pada bulan Januari 2016. Perkiraan progres realisasi pada bulan januari 2016 adalah 38.16%. Maka untuk membuat kurva S reschedule, cari Progres Rencana pada minggu-minggu sebelumnya yang mempunyai nilai progres rencana = 38.16%. Pada contoh ini terdapat pada minggu ke 32.

  8. Silahkan blok semua detail progres rencana pada item-item pekerjaan. Kemudian geser semua sampai dengan jadwal reschedule yaitu sampai bulan Juni 2016. 

  9. Dengan begitu pada bulan Januari 2016 antara progres rencana dengan realisasi akan sama. Sehingga tidak lagi ada deviasi minus pada bulan Januari 2016. 
Cara reschedule kurva S di atas hanyalah salah satu saja. banyak sekali metode atau cara untuk membuat kurva S reschedule. Selamat mencoba.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 3:12 AM

1 comments:

Informasi Wisata