Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Download Pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan

Download Pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan- Pada kesempatan ini www.jasasipil.com akan memberikan informasi tentang peraturan atau pedoman Perencanaan tebal perkerasan jalan. Acuan ini digunakan untuk mendesain struktur jalan sesuai kondisi tanah. Jalan merupakan sarana penunjang sebagai media transportasi darat. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jalan baik jalan perkerasan kaku maupun lentur. 

Perkembangan infrastruktur yang meningkat membuat pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun jalan. Sebagai civil engineer tentu anda akan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia bisa berperan sebagai kontraktor, pengawasan, maupun perencana. Dalam merencanakan sebuah jalan tentu ada dua prioritas yang harus didesain yaitu geometri jalan dan tebal perkerasan jalan.

Jika dalam artikel berjudul Download SNI perencanaan geometri jalan sudah dijelaskan tentang acuan-acuan yang digunakan untuk mendesain geometri jalan maka pada artikel ini akan diberikan pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan. Tebal perkerasan jalan sangat tergantung dari jenis tanah yang ada di bawahnya. Semakin kecil kapasitas dukung pondasi maka semakin tebal perkerasan jalannya. Sistem perencanaan jalan selalu mengacu pada peraturan Standar Nasional Indonesia sehingga kualitas yang dihasilkan pun sesuai dengan kondisi di Indonesia. 

Silahkan Download Pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan di bawah ini. 
  1. Pedoman Perencanaan tebal perkerasan Lentur
  2. Pedoman Perencanaan tebal perkerasan Kaku beton semen
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan tebal perkerasan adalah 
  1. Hasil penyelidikan tanah yang menentukan jenis tanah di bawah pondasi apakah pasir, lempung atau gambut atau yang lainnya
  2. Penentuan lapis pondasi.
  3. Beban lalu lintas rencana
  4. Umur rencana jalan
  5. dan sebagainya.
Banyak faktor yang mempengaruhi tebal perkerasan jalan oleh karena itulah peran seorang civil engineer merencanakan jalan yang mampu menahan beban kendaraan-kendaraan yang lewat. Jangan sampai jalan yang sudah didesain pada umur rencana tertentu sudah rusak sebelum waktunya. Pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan diatas dapat digunakan sebagai standarisasi mutu jalan yang ada di Indonesia. Sehingga tidak perlu khawatir jika anda mendesain jalan. 

Demikian artikel Download Pedoman perencanaan tebal perkerasan jalan semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 6:47 AM

Post a Comment

Informasi Wisata