Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Jenis alat pancang pondasi dalam

Jenis alat pancang pondasi- Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang penggunaan beberapa alat pancang untuk pondasi dalam pada sebuah bangunan yang sering digunakan. Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan pondasi dalam sering dilakukan pada proyek-proyek gedung dengan kondisi tanah yang kurang baik. Pondasi merupakan struktur bagian bawah yang digunakan untuk menyalurkan beban-beban bangunan ke tanah sehingga tanah mampu menopang seluruh beban bangunan. Jenis pondasi dalam ada dua yaitu Boredpile dan tiang pancang. Pada artikel ini akan dibahas tentang jenis alat pancang yang digunakan untuk memasang tiang pancang. 

Alat pancang merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu memasukkan pondasi tiang pancang ke dalam tanah. Ada beberapa jenis alat pancang antara lain drop hammer, diesel hammer, hidraulic hammer, dan vibratory pile drive. Sedangkan untuk pondasi tiangnya biasanya terbuat dari beton, baja, atau kayu. Tiap alat pancang mempunyai kapasitas tertentu sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan pondasi dalam. Berikut penjelasan tentang jenis alat pancang tersebut. 

1. Drop Hammer
Alat pancang ini merupakan alat yang digunakan untuk memancang pondasi tiang dengan cara memukul pondasi tersebut agar menancap sempurna pada tanah. Alat pancang ini menyerupai palu yang diletakkan pada bagian atas alat. Palu ini mempunyai berat tertentu sesuai kapasitasnya untuk memberikan tekanan pada pondasi tiang. Agar kepala pondasi tiang tidak rusak akibat pukulan alat pancang, maka diberikan shock absorder. shock absorder ini terbuat dari bahan kayu. 

2. Diesel Hammer
Alat pancang diesel hammer ini mempunyai kinerja yang lebih ederhana dibanding alat lainnya. Bentuk dari diesel hammer ini berupa silinder dengan piston atau ram yang berfungsi untuk menekan tiang pancang. Sesuai dengan nama alat pancang ini, diesel hammer mempunyai dua mesin diesel yang menggerakkan piston. 

3. Hidraulic Hammer
Jenis alat pancang ini lebih modern dibanding dengan alat pancang lainnya karena menggunakan sistem hidraulic dalam memasukkan tiang pancang ke dalam tanah. Sistem hidraulic ini dengan prinsip tekanan pada cairan yang ada di dalam alat hidraulic. Penggunaan jenis alat ini dengancara menekan/mendorong pada kepala pondasi tiang bukan dengan dipukul. Sehingga beberapa keunggulan dari jenis alat ini adalah tidak menimbulkan suara yang bising. 

4. Vibratory Pile Drive
Jenis alat pancang pondasi ini menggunakan getaran untuk memasang tiang pancang. Pada alat ini terdapat beberapa batang yang berada pada posisi horizontal. Batang ini akan berputar dengan arah yang berlawanan. Sehingga menimbulkan getaran. Tujuan menggunakan getaran pada pemancangan adalah mempermudah pondasi tiang masuk ke dalam tanah karena pondasi tiang tersebut juga ikut bergerak. 

Alat pancang yang umum digunakan di proyek adalah 4 jenis alat di atas. Biasanya penggunaan alat pancang dilakukan oleh operator khusus karena tidak semua orang mempunyai keahlian dalam menggunakan alat pancang. Di dalam proyek sendiri, biasanya pekerjaan pondasi dalam diserahkan ke sub kontraktor agar mudah dalam sistem pelaksanaan proyek. Demikian artikel tentang Jenis alat pancang pondasi dalam semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 7:18 AM

Post a Comment

Informasi Wisata