Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Jenis genteng untuk rumah minimalis

Jenis genteng untuk rumah minimalis-  Pada artikel kali ini akan membahas beberapa pilihan tentang jenis genteng untuk rumah minimalis. Genteng merupakan material penutup atap yang berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari apa pun yang mengganggu melalui atas rumah seperti hujan, angin ribut, panas matahari, dan sebagainya, Selain itu, genteng juga berfungsi sebagai tampilan fasade suatu bangunan yang dapat menampilkan konsep rumah. Oleh karena itu pada artikel ini akan memberikan beberapa referensi yang cocok pemilihan jenis genteng.

Jika anda sudah membaca artikel Tips memilih genteng yang baik maka artikel ini adalah kelanjutannya. Beberapa alternatif genteng yang bisa digunakan pada rumah anda antara lain genteng keramik, metal, genteng tanah liat, genteng kaca dan sebagainya. Jenis genteng yang digunakan di rumah memang sangat mempengaruhi keindahan eksterior rumah sehingga tidak heran saat ini banyak desain arsitektur yang menggunakan jenis genteng yang minimalis modern. 

Jenis genteng pada rumah sangat dipengaruhi oleh konsep rumah yang didesain oleh arsitek. Pertimbangan dari arsitek untuk pemilihan jenis genteng antara lain: kualitas genteng, konsep rumah, pemeliharaan yang mudah, budget disesuaikan dengan pemilik rumah, dan sebagainya. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis genteng rumah minimalis. 

1. Genteng keramik
Genteng keramik adalah jenis genteng yang memiliki bahan dasar seperti keramik biasa. Finishing yang digunakan adalah proses finishing glazur. Beberapa kelebihan dari jenis genteng ini adalah lebih awet dan kuat, memiliki warna beragam yang tahan lama dan mempunyai sistem interlock sehingga mudah dalam pemasangan. Sedangkan kekurangan dari jenis genteng ini adalah pemasangan harus dilakukan secara teliti, kemiringan minimal adalah 30 derajat agar air hujan dapat mengalir dengan lancar. 

2. Genteng Metal
Genteng metal adalah jenis genteng yang memiliki karakter bahan seperti seng berbentuk lembaran. Biasanya jenis genteng ini memiliki panjang 1,2- 2 m dan lebar antara 0.6 m - 1.2 m dengan tebal 0.3 mm. Kelebihan dari genteng metal adalah memiliki bobot yang ringan, memiliki warna yang seragam, hemat material, cepat pemasangannya. sedangkan kekurangannya adalah dalam pemasangan harus benar-benar rapi dan teliti. 

3. Genteng tanah liat
Sesuai dengan namanya jenis genteng ini terbuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dibakar. Sistem pemasangannya menggunakan sistem inter locking. Kelebihan dari jenis genteng ini adalah harga relatif murah, ringan dan kuat. Sedangkan kekurangannya adalah jika tidak diberi cat akan mudah berlumut dan berubah warna. 

4. Genteng kaca
Genteng kaca adalah jenis genteng yang terbuat dari kaca sehingga tembus cahaya. Tujuan dari genteng kaca ini adalah untuk meneruskan cahaya ke dalam ruangan yang tidak menggunakan plafond. Sehingga jenis genteng ini tidak digunakan full seluruh rumah hanya sekitar 1 atau 2 yang digunakan. 

5. Genteng Beton
Jenis genteng ini terbuat dari pasir, semen, dan fly ash yang dicampur dengan air dan dicetak lalu dikeringkan. Tujuan penggunaan fly ash adalah sebagai filler celah-celah kecil dalam campuran pasir sehingga genteng tersebut menjadi lebih kuat dan padat. Ada dua jenis genteng beton yaitu genteng bergelombang dan genteng flat. Untuk rumah minimalis biasanya menggunakan jenis genteng flat. 

Penggunaan jenis genteng sebaiknya disesuaikan dengan anggaran biaya agar tidak terjadi over budget. Beberapa jenis genteng yang banyak diminati untuk rumah bergaya minimalis adalah genteng flat. Genteng flat memiliki presisi yang baik sehingga untuk pemasangan juga mudah. Demikian informasi mengenai jenis genteng untuk rumah minimalis semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 1:48 PM

1 comments:

Informasi Wisata