Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Kelebihan dan kekurangan kuas dan roll saat mengecat

Kelebihan dan kekurangan kuas dan roll saat mengecat- Pada artikel ini saya akan memberikan ulasan mengenai penggunaan alat bantu dalam mengecat dinding yaitu perbedaan penggunaan kuas dan roll. Tentu para engineers sudah memahami perbedaan secara fisik antara kedua alat tersebut. Kita semua sepakat bahwa tujuan dari mengecat dinding adalah untuk mendapat hasil yang maksimal dan biaya yang minimalis. Lalu dari segi kualitas hasil dan biayanya lebih efektif yang mana antara penggunaan rol atau kuas? 

Ada beberapa point yang perlu diperhatikan saat melakukan pekerjaan cat antara lain persiapan alat dan bahan, dan teknis pengecatan. Pada artikel Teknik pengecatan dinding yang baik sudah dijelaskan secara terperinci mengenai langkah-langkah dalam mengecat. Oleh karena itu, pada artikel Kelebihan dan kekurangan kuas dan roll saat mengecat ini lebih banyak mengulas tentang perbedaan penggunaan alat kuas dan roll. Mungkin banyak yang bertanya-tanya diantara kedua alat tersebut mana yang menghasilkan cat dinding yang baik. Ada kelebihan dan kekurangan dari alat kuas maupun roll karena memang kedua alat tersebut masih sering digunakan oleh banyak orang. 

Kelebihan dan kekurangan kuas

Sebagian dari masyarakat masih menggunakan alat bantu kuas dalam mengecat tembok rumah. Harga dari kuas memang lebih murah dibandingkan dengan roll. Berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan kuas.
  1. Penggunaan cat lebih hemat atau efisien
  2. Bisa digunakan untuk mengecat pada spot-spot yang sempit sehingga lebih rata. 
  3. Dampak cipratan ke bidang lain lebih sedikit. 
  4. Proses pengecatan lebih lama dibanding dengan roll
  5. Jika teknik pengecatan masih kurang, pada hasil akhir akan terlihat garis-garis kuas yang tidak beraturan apabila dilihat dari dekat. 
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kuas untuk mengecat dinding.

Kelebihan dan kekurangan Roll

Salah satu alat bantu pengecatan yang terkini adalah roll. Roll ini tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan alat roll saat mengecat dinding.
  1. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecat lebih cepat karena jangkauan lebih luas.
  2. Hasil pengecatan lebih rata dan meminimalisir garis-garis antar sapuan roll.
  3. Penggunaan cat lebih boros
  4. Dampak cipratan ke bidang lain lebih banyak
  5. Tidak dapat digunakan pada spot-spot yang sempit

Penggunaan kuas dan roll memang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk skala besar seperti proyek gedung, biasanya menggunakan kombinasi dua alat tersebut. Untuk bidang-bidang yang luas menggunakan roll, sedangkan spot-spot yang sempit menggunakan kuas. Jika semua pengecatan menggunakan kuas, akan membutuhkan banyak waktu sehingga tidak efektif. Sebenarnya ada alat yang lebih modern untuk pengecatan dinding yaitu menggunakan sistem airless. Penyemprotan sistem airless (tanpa udara) dengan memompa material cat pada tekanan yang sangat tinggi. Untuk lebih detailnya akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 


Demikian sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan kuas dan roll saat pengecatan dinding pada rumah. Semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 5:55 AM

Post a Comment

Informasi Wisata