Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Menghitung konversi besi tulangan ke wiremesh dengan mudah

Menghitung konversi besi tulangan ke wiremesh dengan mudah- Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara menghitung konversi besi tulangan biasa diganti dengan tulangan wiremesh. Wiremesh adalah besi tulangan yang sudah dirangkai di pabrik dalam bentuk lembaran atau roll. Tulangan-tulangan tersebut dirangkai secara verikal dan horizontal sehingga membentuk jaring-jaring. 

Saat ini sudah banyak diterapkan penggunaan besi tulangan wiremesh pada pelat lantai. Hal ini dikarenakan besi wiremesh mempunyai beberapa keunggulan dibanding penggunaan besi tulangan konvensional antara lain adalah pemasangan lebih cepat karena tidak perlu merangkai besi di lapangan, kekakuannya terjaga karena penyambungan antar besi tulangan dengan las. Pada beberapa proyek sering kali ada perubahan dari tulangan biasa menjadi tulangan wiremesh sehingga sebagai kontraktor harus menghitung kembali kebutuhan tulangan wiremesh untuk pelat lantai. 


Menghitung konversi besi tulangan wiremesh dapat dilakukan dengan mudah karena hanya menghitung luas tulangan dan diganti dengan luas tulangan wiremesh. Acuan dalam menghitung luas tulangan wiremesh menggunakan tabel berat jenis wiremesh pada artikel berjudul Daftar spesifikasi tulangan wiremesh. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung konversi besi tulangan wiremesh dengan mudah. 

Contoh.

Pada pelat lantai suatu bangunan menggunakan tulangan diameter D10-150 baik arah x maupun y. Berapa ukuran tulangan wiremesh yang digunakan untuk menggantikan tulangan tersebut? 

jawab:

Tulangan konvensional : D10-150
Mutu baja tulangan ulir/deformasian fyd : 4000 kg/cm2
Mutu baja besi wiremesh fyw : 5000 kg/cm2

Luas tulangan konvensional : 1/4 x 3.14 x D^2 x 1000/Jarak = 1/4 x 3.14 x 10^2 x 1000/150 = 523.6 mm2
Luas tulangan wiremesh yang dibutuhkan : As x (Fyd/Fyw)  = 523.6 x (4000/5000) = 418.88 mm2

Trial menggunakan tulangan wiremesh M9-150 = As W = 1/4x 3.14 x D^2 x 1000/jarak = 424.12 mm2

Maka As w > As dibutuhkan =  Aman

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan tulangan konvensional D10-150 dapat diganti dengan wiremesh M9-150. 

Untuk lebih mudah dipahami silahkan download file excel perhitungan di atas 


Untuk proyek yang besar, penggunaan wiremesh sangat membantu sekali karena pemasangan lebih mudah dan cepat dilaksanakan sehingga akan menghemat biaya proyek. Demikian artikel tentang menghitung konversi besi tulangan ke wiremesh semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 1:47 AM

3 comments:

Informasi Wisata