Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) di proyek

Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) di proyek- Proyek memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap kecelakaan kerja khususnya pada proyek gedung. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak sekali peraturan-peraturan terkait dengan Keselamatan dan kesehatan kerja. Jika anda belum mempunyai peraturan tersebur silahkan download di Peraturan K3 Konstruksi. Sebagai seorang engineer tentu selalu mengutamakan keselamatan kerja oleh karena seorang tenaga kerja konstruksi wajib menggunakan Alat pelindung diri (APD). Tujuan penggunaan APD tentu untuk melindungi diri sendiri dari hal-hal yang tak terduga di proyek seperti kejatuhan balok kayu, menginjak paku dan sebagainya. 

Perlengkapan APD yang harus dimiliki seorang tenaga kerja konstruksi antara lain safety helmet, safety belt, safety shoes, safety glasses, sarung tangan, seragam, penutup telinga dan sebagainya. Sebenarnya untuk jenis-jenis alat pelindung diri sangat tergantung dari jenis proyek yang dikerjakan. Pada artikel ini saya akan membahas tentang APD khusus untuk proyek sipil. Penggunaan alat pelindung diri sudah dijalankan hampir di semua proyek agar proyek dapat berjalan dengan lancar. 

Berikut perlengkapan jenis alat pelindung diri yang sering digunakan pada proyek sipil.

1. Safety helmet
Helm proyek ini sangat diperlukan apabila anda kerja di proyek karena di dproyek banyak sekali benda-benda berjatuhan. Tujuan dari safety helmet adalah melindungi bagian kepala apabila terkena jatuhan material.


2. Safety Belt
Safety belt atau lebih dikenal dengan nama harnes ini adalah sabuk pengaman yang digunakan apabila sedang berada pada ketinggian tertentu. APD ini akan membantu anda jika anda terpeleset saat memanjat di stager. 


3. Safety Shoes
Sepatu ini berbeda dengan sepatu biasa karena sepatu ini didesain khusus untuk melindungi kaki dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejatuhan material, menginjak paku, dan sebagainya. Biasanya pada ujung jari kaki terdapat pelat besi untuk melindungi kaki. 


4. Safety Glasses
Fungsi dari kacamata ini adalah untuk melindung mata dari silau matahari, dari debu-debu yang berterbangan di proyek dan sebagainya. 

5. Sarung tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan pada saat sedang memegang atau mengangkat material. 

6. Penutup Telinga
Penutup telinga jarang digunakan pada proyek gedung dan sipil. Biasanya digunakan pada kilang minyak dan tempat kerja yang mempunyai tingkat kebisingan tinggi. 

7. Seragam kerja
Tujuan penggunaan seragam kerja untuk melindungi hal-hal yang berpengaruh terhadap kesehatan badan tenaga kerja. Lingkungan proyek sangat tidak kondusif sehingga kesehatan harus benar-benar terjaga. Seragam proyek juga bisa ditujukan untuk menunjukkan identitas suatu kontraktor. 
8. Masker
Seperti yang kita tahu bahwa masker sangat bermanfaat untuk melindungi pernapasan kita dari debu-debu material di proyek sehingga kesehatan paru-paru tetap terjaga. 

Perlengkapan Alat pelindung diri harus diterapkan di proyek mengingat risiko kecelakaan kerja lebih besar dibanding di kantor. Beberapa kontraktor sudah menerapkan sistem K3 yang keras sehingga siapa pun yang masuk area proyek harus mengenakan APD. Demikian sharing kali ini semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 2:56 AM

Post a Comment

Informasi Wisata