Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

ini alasan mengapa freshgraduate harus merantau terlebih dahulu

ini alasan mengapa freshgraduate harus merantau terlebih dahulu- Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Banyak ragam budaya yang saling berdampingan di sini. Tidak heran jika negara Indonesia terkenal dengan negara yang kaya dengan sumber daya alam maupun tradisi budaya. Bagi anda yang sudah merantau ke beberapa wilayah di Indonesia pasti sudah jauh lebih mengenal apa itu Indonesia dibanding orang yang belum pernah merantau sama sekali. Selain lebih kenal dengan Indonesia, merantau juga melatih kemampuan diri dalam berbagai bidang.

Sebagai seorang fresh graduate tentu hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari pengalaman pekerjaan. Kenapa pengalaman pekerjaan itu penting? Pengalaman akan mendewasakan cara berpikir seseorang sehingga bisa melatih kemampuan diri dalam berbagai hal. Semakin banyak pengalaman seseorang dalam bekerja maka semakin banyak ilmu yang dimiliki. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut sangat lah mudah yaitu merantau. Khusus bagi orang yang baru lulus dari teknik sipil, merantau adalah gudangnya ilmu konstruksi. Karena di tiap daerah, anda akan mendapatkan ilmu dan tantangan yang berbeda-beda. Oleh karena itulah,banyak yang sukses di dunia konstruksi karena sudah berkeliling di pelosok nusantara. 

Mengapa kita harus mencari pengalaman di tanah rantau?

Pertanyaan itu selalu muncul ketika kita hendak mencoba melamar pekerjaan di beberapa kontraktor. Beruntunglah bagi anda yang sudah merantau semenjak duduk dibangku kuliah sehingga tidak begitu kaget apabila pada saat kerja merantau juga. Di dunia kontraktor sendiri memang selalu berpindah-pidah mengikuti pekerjaan yang sedang dikerjakan. Ada kalanya 1 atau 2 tahun di Sumatra, nanti tahun depan sudah di Papua. Hal itu menjadi sesuatu yang biasa dilakukan oleh orang yang kerja di proyek.

Namun bagi sebagian orang yang bertahan di kampung halaman mempunyai pendapat yang berbeda. Kalimat ini mungkin sering disebut bagi orang yang tidak mau beranjak dari kampung halaman. 
Buat apa ke tanah orang jika di tanah sendiri bisa sukses
Banyak hal yang tidak kita tahu jika kita tetap di kampung halaman. Walaupun bisa sukses, tingkat kepuasannya akan berbeda dengan orang yang sukses merantau dan pulang ke kampung halaman. 

Sebagai seorang engineer muda yang masih membutuhkan banyak pengalaman di dunia proyek tentu satu-satunya cara agar mempercepat pengalaman kita di dunia proyek adalah merantau. Banyak manfaat yang akan didapatkan setelah sukses di tanah rantau. 

Inilah beberapa alasan mengapa harus merantau...

1. Tantangan yang dihadapi selalu baru
Di dunia proyek memang penuh dengan tantangan yang menarik. Sistem pekerjaan di proyek sangat dinamis sehingga berbeda dengan pekerjaan kantor. Dalam satu proyek akan memiliki tantangan yang berbeda dengan proyek lainnya. Satu daerah namun berbeda proyek akan memiliki tantangan yang berbeda. Apalagi jika daerah yang berbeda dan proyek yang berbeda, pasti akan memberikan sensasi pengalaman yang menarik. Bagi anda yang suka dengan tantangan baru, merantaulah ke berbagai pelosok di Indonesia karena tantangan baru sudah menunggu anda. 

2. Gudangnya ilmu di dunia konstruksi
Semakin banyak pindah tempat maka semakin banyak ilmu yang bisa kita dapatkan di tanah rantau. Proyek di suatu daerah dengan daerah lain akan mengalami permasalahan yang berbeda. Sehingga mau tidak mau kita harus menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda juga. Saat proses penyelesaian masalah ini lah kita mendapatkan berbagai cara dan ilmu baru dalam menghadapi kondisi proyek yang berbeda-beda.


3. Pendewasaan dalam menyikapi permasalahan baru
Cara menyelesaikan tiap masalah di proyek akan berbeda-beda tiap orang. Semakin banyak pengalaman maka akan semakin tenang dalam menghadapi permasalahan yang berat. Biasanya orang yang merantau mempunyai pribadi yang pantang menyerah sehingga selalu ada jalan ketika menghadapi masalah. 

4. Menumbuhkan jiwa leadership
Apakah pernah ketemu dengan site manager proyek yang belum pernah ke luar daerah? saya yakin hampir semua leader di proyek baik kepala proyek maupun site manager sudah mempunyai pengalaman kerja di berbagai pelosok nusantara mulai dari proyek A sampai Z. Tidak heran jika orang yang mempunyai kemampuan manajerial dan pengalaman yang banyak akan cepat menjadi seorang kepala proyek. Jika anda mempunyai cita-cita menjadi seorang nahkoda proyek sebaiknya mulai sekarang merantau di beberapa daerah di Indonesia. Bagaimana pun juga seorang kepala proyek harus mampu  membawa timnya menuju target yang diinginkan. 

5. Menambah relasi kerja
Siapa bilang merantau itu hanya fokus mencari nafkah? Teman atau relasi justru lebih penting karena dari relasi lah rejeki seorang engineers mengalir. Merantau di tanah orang akan berbeda dengan bekerja di tanah sendiri karena orang-orang lingkungannya pun akan berbeda karakter. Sehingga butuh kemampuan beradaptasi yang baik. Jika ingin sukses di tanah rantau sebaiknya membaur dan bergaul dengan orang sekitar karena akan memberikan dampak yang baik bagi kelangsungan karir kita. 

6. Karir yang cemerlang
Alasan selanjutnya mengapa harus merantau adalah mendapatkan kekayaan yang cukup sebagai modal nikah. Tujuan bekerja adalah mencari nafkah atau uang, biasanya yang merantau ke tanah orang akan mendapatkan kekayaan yang lebih cepat atau dengan kata lain mempunyai karir yang lebih cemerlang. Jika ingin mendapatkan modal nikah yang cepat, merantau adalah keputusan yang tepat.



7. Mencari jodoh
Bagi yang single pun ada bonus yang bisa didapatkan selain uang yaitu jodoh yang tak terduga. Bekerja di proyek akan berpindah-pindah ke suatu tempat sehingga mau tidak mau akan bergaul dengan warga sekitar. Bagi yang masih single bersiap-siaplah mendapatkan pasangan hidup di tanah rantau. 

8.  Lebih mengenal bangsa Indonesia
Hal yang membanggakan adalah mengenal lebih jauh bangsa kita sendiri. Banyak yang mengaku nasionalisme tinggi namun tidak pernah tahu apa yang ada di beberapa pelosok tanah air. Hal yang paling berkesan ketika merantau adalah mempelajari bahasa daerah di sana. Ketika kita sudah pulang ke kampung halaman kita mempunyai oleh-oleh bahasa daerah. Tentu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. 

9. Traveling gratis
Bagi orang yang suka berlibur backpacker di beberapa daerah bersyukurlah jika mendapatkan proyek di daerah pelosok. Hal pertama yang dicari ketika sampai di tanah rantau adalah tempat-tempat wisata alam yang unik. 


10. Bisa menjadi bahan cerita ke anak cucu
Setelah anda sukses menjadi seorang kontraktor di tanah rantau, anda akan menceritakan semua pengalaman ke anak dan cucu. Bukankah lebih membanggakan jika pengalaman anda sangat banyak di berbagai pelosok tanah air. Cerita yang hebat akan membangkit semangat anak-anak untuk berkarir mengikuti jejak ayahnya. 

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan merantau di beberapa daerah di Indonesia. Yang paling terpenting ketika merantau di luar daerah adalah jangan seperti kacang lupa kulitnya. Ketika sudah sukses di tanah rantau sebaiknya jangan sekali-kali melupakan keluarga di kampung halaman karena bagaimana pun juga keluarga adalah faktor terbesar kesuksesan seseorang. 

Bagi seorang engineer muda, merantau adalah hal yang paling menguntungkan karena selain masih single, belum mempunyai kebutuhan yang banyak sehingga dalam benaknya akan berpikir bahwa kerja itu bisa sambil maen, Menyenangkan bukan? 

Ayo jangan takut merantau dan keluar dari zona nyamanmu sekarang juga. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 7:27 AM

Post a Comment

Informasi Wisata