Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara menghitung kebutuhan berat baja profil

Cara menghitung kebutuhan berat baja profil- Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara menghitung berat dalam satuan kg pada baja profil. Memang cara ini terbilang sangat mudah dan simpel karena tidak membutuhkan langkah yang panjang dalam menyelesaikan. Ada dua cara menghitung berat baja profil yang akan saya bahas pada artikel ini. Lalu seberapa penting tips menghitung kebutuhan berat baja ini? Tentu sangat penting untuk mengestimasi kebutuhan baja dalam satu proyek dan berguna untuk menghitung RAB bangunan dengan struktur baja.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang cara menghitung kebutuhan besi tulangan dengan mudah. Sistem perhitungannya pun tidak terlalu jauh berbeda antara menghitung berat baja profil dengan baja tulangan.

Biasanya harga-harga kontrak pekerjaan struktur baja menggunakan satuan kg. Tidak heran jika perhitungan kebutuhan berat baja harus dilakukan dengan hati-hati untuk meminimalisir kesalahanan perhitungan. Berikut ini ada dua cara menghitung kebutuhan berat baja profil yaitu.

1. Berdasarkan berat jenis SNI
Pada dasarnya semua cara perhitungan berat baja sama aja yaitu mencari berat dalam satuan kg. Pada SNI sudah ditetapkan berat jenis rata-rata baja profil di pasaran adalah 7850 kg/m3. Dengan begitu, kita bisa mencari beratnya apabila volume baja profil diketahui. Berikut langkah mudahnya. 

  1. Misalkan profil baja yang akan dihitung adalah H beam dengan ukuran tw= 12 mm, tf = 25 mm, d= 600 mm, bf = 300 mm. Hitung luas penampang terlebih dahulu dengan rumus segi empat. Luas yang didapat adalah 217,41 cm2.
  2. Menghitung volume baja profil diatas dengan panjang 12 m. V = AxL = 0,021741 m2 x 12 = 0,261 m3. 
  3. Menghitung berat baja dengan rumus = 0,261 m3 x 7850 kg/m3 = 2048,04 kg. 

2. Berdasarkan Tabel berat jenis
Cara yang kedua ini lebih simpel namun harus mempunyai tabel berat jenis. Jika belum punya bisa didownload di artikel Tabel berat jenis baja. Berikut cara mudahnya. 

  1. Misal yang akan dihitung adalah baja profil seperti pada contoh cara 1. Baja profil H 600x300x12x25. Buka pada tabel baja yang sudah didownload pada sheet H_welded. 
  2. Dari tabel didapat berat jenis sebesar 170,67 kg/m. Sehingga bisa diketahui berat baja sepanjang 12 m dengan cara Berat = 170,67 kg/m x 12 m = 2048,04 kg.
Beberapa cara di atas bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun saran terbaik adalah menggunkan cara kedua apabila jenis profil yang digunakan ada pada tabel baja. Namun apabila tidak ada, bisa menggunakan cara 1. 


Menghitung kebutuhan berat baja profil bisa digunakan untuk berbagai keperluan konsultan seperti membuat Bill Of Quantity. Sedangkan kontraktor pasti akan melakan value engineering lagi. 

Demikian artikel Cara menghitung kebutuhan berat baja profil semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 10:45 AM

1 comments:

  1. Kalau untuk menghitung kebutuhan baja ringan ada tidak ya pak?

    ReplyDelete

Informasi Wisata