Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Pengertian mock up room pada proyek gedung

Pengertian mock up room pada proyek gedung- Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang proyek gedung. Sesuai dengan judul di atas saya akan membahas tentang mock up room. Namun sebelum jauh menjelaskan tentang mock up room, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu urutan-urutan pekerjaan arsitektural di proyek gedung (baca artikel Pekerjaan arsitektural). Pekerjaan arsitektural memang menjadi pekerjaan yang paling ditunggu-tunggu oleh owner karena disitu akan terlihat hasil pekerjaan oleh kontraktor apakah baik atau tidak. 

Kualitas pekerjaan arsitektur dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain Material yang digunakan, metode pelaksanaan, dan desain dari arsitek. Ketiga faktor itu yang akan dinilai oleh owner. Owner biasanya akan meminta untuk merubah desain interior seiring berjalannya proyek. Oleh karena itu lah peranan penting dari Mock up room adalah memberikan contoh kamar yang uda jadi sesuai dengan desain arsitektur. 

Mock up room adalah sampel interior kamar yang sudah jadi meskipun proyeknya belum jadi. Tujuan dari mock up ini adalah memberikan bayangan pada owner tentang kamar yang sudah jadi sesuai dengan desain dari arsitek. Berikut penjelasan secara simpel tentang fungsi dari mock up room ini. 

  1. Owner lebih leluasa menentukan pilihan desain kamar yang sesuai dengan kemauannya. Karena dalam membuat mock up room bisa lebih dari satu.
  2. Owner akan mendapatkan gambaran tentang desain kamarnya sebelum proyek selesai. 
  3. Mengantisipasi perubahan jenis material interior ketika sudah order material ke vendor dalam jumlah besar
  4. Melihat kualitas pemasangan interior oleh sub kontraktor seperti plafond, kaca, jendela, pintu, lantai granit dan sebagainya sehingga vendor segera bisa diputuskan. 
  5. Melihat secara kasat mata apakah material interior yang ada digambar dapat diterapkan secara riil. 
  6. Owner akan acc material interior setelah melihat mock up room jadi. Setelah itu kontraktor akan memesan material interior dalam skala besar. 
Pada proyek hotel, mock up room biasanya dipilih berdasarkan jumlah paling banyak kamar tipikalnya. Owner dan konsultan biasanya akan meminta kontraktor untuk membuat mock up lebih dari satu yang dikombinasikan dengan berbagai merk material. Contohnya adalah mock up room type 1 menggunakan material granit dengan merk granito. Sedangkan mock up room type 2 menggunakan granit dengan merk Indogress. Setelah mock up room selesai, owner dan konstultan akan melihat hasil yang paling diinginkan oleh owner yang mana dan segera diputuskan merk dan type material yang akan digunakan. 


Hasil pekerjaan yang ada di proyek harus sesuai dengan mock up room yang sudah disetujui owner. Mock up room tersebut akan menjadi percontohan untuk ruangan-ruangan yang lain. Beberapa ruangan yang harus dibuat mock up room antara lain kamar twin bed, kamar double bed, koridor, dan meeting room. 

Apabila masih kurang jelas dengan penjelasan mock up bisa ditanyakan pada kolom komentar di bawah ini. demikian artikel ini semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 4:32 PM

2 comments:

  1. Maaf mau tanya berarti sebelum proyek dijalankan, kontraktor bikin mock up room terlebih dahulu ?

    ReplyDelete
  2. betul sekali. Biasanya sebelum dilaksanakan pembuatan kamar dalam skala besar, terlebih dahulu buat satu kamar sampel (mock up)

    ReplyDelete

Informasi Wisata