Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Tips bagi kamu yang baru pertama kali kerja di proyek

Tips bagi kamu yang baru pertama kali kerja di proyek- Salah satu tantangan terbaru bagi seorang fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Setelah mendapatkan pekerjaan maka tantangan selanjutnya adalah beradaptasi dengan rekan kerja baru. Setelah bisa beradaptasi maka anda bisa bekerja dengan tenang dan mudah mengembangkan karir. Yang menjadi masalah sebagian besar orang adalah cara beradaptasi di tempat kerja yang baru. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas beberapa tips bagi kamu yang baru pertama kali kerja di dunia proyek.

Kerja di proyek atau di kontraktor memang berbeda dengan bekerja di kantoran pada umumnya. Di sini yang dibutuhkan bukan hanya orang atau karyawan yang cerdas melainkan karyawan yang mampu beradaptasi di lingkungan baru dengan cepat. Orang yang mudah bergaul biasanya dapat beradaptasi dengan mudah.

Beberapa kendala yang dihadapi orang yang baru masuk tempat kerja baru antara lain
  1. lama akrab dengan rekan baru karena belum mengetahui karakter dari rekan-rekan baru
  2. Penyesuaian lingkungan baru kerja dan suasananya
  3. Harus belajar dan mulai dari awal lagi tentang jobdesk yang diterima
  4. Dan sebagainya.
Sebagai seorang engineer yang bekerja dari proyek ke proyek lain harus bisa beradaptasi dengan mudah karena setiap pindah proyek biasanya akan bertemu dengan orang baru dengan karakter yang berbeda juga. Sehingga modal utama bekerja di kontraktor atau proyek adalah mudah bergaul,

Ada beberapa tips bagi kamu yang baru pertama kali kerja di proyek antara lain:

1. Perkenalan dengan rekan kerja baru
Hari pertama kerja sebaiknya dilakukan dengan perkenalan terhadap teman-teman seluruh kantor. Perkenalan bisa dilakukan hanya dengan sekedar berjabat tangan dan menyebutkan nama. Jangan lupa saat berjabat tangan sambil dengan bersenyum untuk menunjukkan keramahan kita.

2. Menghafal nama-nama rekan kerja
Salah satu kunci agar mudah bergaul adalah dengan mengingat-ingat nama teman baru anda. Sehingga komunikasi lebih mudah. Jika anda tidak mampu menghafal semua nama teman baru sekaligus maka sebaiknya tidak perlu dipaksakan.

3. Meminta penjelasan tentang job desk
Agar tidak terjadi miskomunikasi dengan atasan maka sebaiknya minta penjelasan terlebih dahulu tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan selama di proyek baru.

4. Berkeliling proyek
Sebaiknya anda harus mengetahui keadaan proyek pada saat itu dengan cara terjun ke lapangan secara berkala. Tujuan dari kegiatan ini agar memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan para pekerja lama sehingga tidak ada mis komunikasi ketika membicarakan masalah proyek. 

5. Jangan malu bertanya tentang ilmu proyek
Bagaimana pun juga orang yang lebih lama terjun di dunia proyek mempunyai pengalaman yang lebih dibanding anda yang baru pertama kali kerja di proyek. Bertanyalah kepada senior secara baik-baik ketika tidak terlalu sibuk. Buka dengan obrolan yang nyambung. Ketika suasana sudah agak mencair, coba tanya tentang proyek yang tidak anda mengerti. 

6. Jangan bertanya ke tukang secara frontal
Tidak dipungkiri bahwa ilmu tukang memang lebih banyak karena sudah berpengalaman lama. Ketika anda sedang berkeliling di proyek, anda adalah atasan dari tukang-tukang. Jangan sampai anda terlihat lebih bodoh dimata para tukang. 

Cara mudah mengambil ilmu dari tukang adalah pura-pura saja mengawasi pekerjaan tukang. Disitu anda akan melihat langkah-langkah dalam pekerjaan. Cara lainnya adalah ajak ngobrol tukang tersebut dan pancing tukang tersebut untuk menceritakan langkah-langkah pekerjaan seolah-olah anda sedang mereview apakah pekerjaan tukang tersebut benar atau salah. Namun jangan sekali-kali anda menyarankan untuk mengubah metode pekerjaan yang belum tentu benar. 

7. Mengikuti kegiatan-kegiatan diluar proyek
Biasanya tim proyek mengadakan kegiatan rutin seperti olah raga bareng atau yang lain. Sebagai karyawan baru sebaiknya jangan menolak setiap kegiatan walaupun anda tidak menyukainya. Karena itu adalah kesempatan yang baik untuk lebih mengenal karakter teman-teman baru. Jika anda sudah akrab maka bisa menggali ilmu lebih banyak lagi. 

8. Dibuat senyaman mungkin di proyek
Di dalam lingkungan baru seperti proyek biasa terjadi tekanan-tekanan yang tinggi dari atasan atau konsultan. Jangan sampai anda menyerah ketika mendapat tekanan yang tinggi. Banyak sekali karyawan baru yang sering keluar karena tidak kuat dengan tekanan yang ada. Hal itu akan menghambat anda dalam berkarir di dunia kontraktor. 

Di proyek biasanya terdapat berbagai orang yang mempunyai background berbeda-beda sehingga mempunyai karakter yang berbeda-beda. Tidak jarang cara bercandanya pun berbeda. Di sarankah jangan mudah tersinggung atau sakit hati jika ada candaan yang menyakiti hati. 

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk menghilangkan rasa jenuh di proyek. Seiring berjalannya waktu anda akan menemukan hal yang menarik di proyek itu yang bisa mengusir rasa jenuh. 

Demikian beberapa tips bagi anda yang baru pertama kali bekerja di dunia proyek semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 4:57 AM

1 comments:

  1. yang pertama niat dulu bang baru selanjutnya terserah anda bg

    ReplyDelete

Informasi Wisata