Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Definisi dan jenis stone crusher

Definisi dan jenis stone crusher- Proyek jalan tidak pernah lepas dari peralatan dan material yang digunakan. Banyak alat penunjang yang digunakan pada proyek salah satunya adalah stone crusher. Stone crusher adalah alat yang digunakan untuk memecah batuan besar menjadi batuan-batuan kecil dan mengelompokkannya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Alat ini sering digunakan pada proyek jalan untuk menghasilkan material utama yaitu agregat dan abu batu.

Alat stone crusher sangat penting pada proyek jalan karena hampir sebagian besar material untuk pembuatan jalan berasal dari batu pecah/split. Produksi batu pecahini pun sangat tergantung dari kemampuan stone crusher dan ketersediaan quarry. Quarry biasanya berupa gunung batu yang dibeli oleh kontraktor dalam bentuk batu pecah. Namun untuk pengolahan dari batu gunung menjadi batu pecah dikelola oleh kontraktor. 

Jenis stone crusher yang sering digunakan pun beragam tergantung dari kebutuhan material di proyek. Berikut penjelasan beberapa jenis stone crusher di proyek jalan. 

1. Jaw Crusher
Jaw crusher adalah jenis stone crusher yang umum digunakan di proyek jalan. Alat pemecah batu ini mempunyai kekuatan anti tekanan dalam menghancurkan bahan paling tinggi 320 Mpa. Alat ini sangat cocok untuk penghancuran batu tahap pertama dan kedua. Jaw crusher sangat terkenal di dunia sehingga tidak heran apabila penggunaan alat ini tidak hanya di proyek saja melainkan di pertambangan mineral, batu bara dan sebagainya. 
Jaw Crusher
Beberapa kelebihan menggunakan alat pemecah batu jenis jaw crusher antara lain.

  1. Struktur alat sangat sederhana sehingga perawatan sangat mudah
  2. Efisiensi tinggi dan biaya operasi rendah
  3. Hasil partikel akhir dan rasio hancur baik
Sistem kerja dari jenis stone crusher ini adalah menggerakkan salah satu jepit yang bergerak maju mundur (bolak balik) sedangkan jepit yang lain diam. Kekuatan yang dihasilkan oleh jaw crusher sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk menghancurkan batuan yang keras. 

2. Cone Crusher
Jenis stone crusher ini biasa digunakan sebagai pemecah batuan tahap kedua karena memiliki kemampuan memecahkan batuan mid keras. Sistem kerja cone crusher adalah dengan meremas batuan antara spinddle eksentrik yang ditutupi oleh mantel tahan aus dan hoper cekung. Batuan akan dipecah dengan cara dijepit seperti pada gambar di bawah ini. 

Cone crusher

3. Impact Crusher
Jenis stone crusher ini merupakan alat pemecah batu yang lebih melibatkan dampak dibandingkan dengan tekanan yang tinggi. Alat ini memiliki sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang cukup tinggi. Impact crusher biasa digunakan untuk menghancurkan batu-batuan dengan ukuran raw material yang tidak terlalu besar. Hasil dari jenis stone crusher ini adalah ukuran yang kecil dan homogen Sehingga sangat cocok untuk menghasilkan abu batu dan jagungan yang cocok untuk bahan material aspal. 
impact crusher

4. Gyratary Crusher
Jenis stone crusher ini sering digunakan sebagai pemecah batu primer di pertambangan mineral. Sistem penghancuran batu disebabkan oleh penutupan kesenjangan antara garis mantel (bergerak) yang dipasang pada poros vertikal pusat dan liners cekung (fixed) dipasang pada frame utama crusher. 
Gyratary crusher

Definisi dan jenis stone crusher di atas adalah alat pemecah batu yang sering digunakan pada proyek jalan. Di mana pada pekerjaan jalan sangat membutuhkan material batu pecah seperti Agregat A dan B sehingga alat ini merupakan faktor penentu cepat lambatnya suatu proyek. Pada proyek tertentu dengan volume yang besar tidak hanya membutuhkan 1 crusher melainkan beberapa jenis crusher yang dikombinasikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Penempatan stone crusher biasanya jadi satu dengan quarry agar pengangkutan material tidak membutuhkan truck dan waktu yang lama. Biasanya dibantu dengan beberapa alat berat antara lain excavator, loader dan sebagainya. 

Untuk menghasilkan material yang diinginkan stone crusher menggunakan beberapa saringan sesuai dengan kebutuhan. Pada saringan ini lah hasil crusher dapat dikelompokkan sesuai dengan diameter batu pecahnya. 

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 8:32 AM

Post a Comment

Informasi Wisata