Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Tips mendapatkan IPK tinggi di Teknik Sipil

Tips mendapatkan IPK tinggi di Teknik Sipil- Pada kesempatan ini saya akan menulis artikel tentang tips bagaimana cara mendapatkan IPK yang tinggi pada saat kuliah teknik sipil. Memang untuk saat ini IPK masih menjadi tolok ukur keberhasilan mahasiswa pada saat kuliah. Walaupun kenyataannya di dunia kerja, tidak hanya nilai IPK yang menjadi faktor penentu keberhasilan. Artikel ini bukan pengalaman pribadi saya melainkan pengalaman dari rekan kampus angkatan 2009 yang mampu lulus dengan waktu 3,5 tahun.
Teknik sipil merupakan jurusan yang dianggap paling susah diantara jurusan lain. Hal ini dikarenakan hampir semua mata kuliah disini adalah hitungan semua. Namun bukan berarti tidak ada celah untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Pada artikel sebelumnya Teknik sipil, masuk mudah keluar susah? sudah dibahas apa saja tantangannya kuliah di teknik sipil. Oleh karena itu artikel ini akan membahas banyak cara dan tips untuk mendapatkan IPK yang tinggi dengan cara yang benar.
Salah satu cara cepat untuk mendapatkan nilai yang bagus adalah cara curang. Tapi apakah itu akan memberikan dampak yang bagus untuk kedepannya. Secara logika cara curang hanya akan menambah bom waktu saja karena akan merusak mental diri sendiri. Akibatnya pada saat kerja yang ada dalam pikirannya hanyalah bagaimana caranya untuk memberikan keuntungan pribadi saja. Oleh karena itu sangat tidak disarankan menggunakan cara curang untuk mendapatkan segalanya karena masih banyak tips dan trik jitu untuk mendapatkan nilai yang baik.
Mahasiswa cerdas sudah biasa mendapatkan nilai IPK cumlaude. Lalu bagaimana caranya mahasiswa yang biasa-biasa saja tapi bisa mendapatkan IPK yang tinggi.

Beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan pada saat kuliah antara lain.

1. Punya kemauan yang tinggi
Salah satu faktor utama keberhasilan seseorang adalah kemauan dan tekat yang tinggi. Dengan kemauan yang kuat akan membuat kita tidak mudah menyerah apabila terjadi kegagalan. Inilah yang menjadi karakter seorang mahasiswa teknik sipil.

2. Memperhatikan karakter dosen saat mengajar
Setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga dalam mengajar pun metode yang diterapkan juga berbeda. Tidak heran jika banyak dosen yang mudah dimengerti dan susah dimengerti ketika sedang mengajar. Sebagai mahasiswa harus memahami sifat dan karakter dosen. sehingga kita mudah tahu apa yang dimau dosen. 

3. Memperhatikan hal-hal kecil saat dosen mengajar
Salah satu tips saat ujian agar mendapatkan nilai yang bagus adalah selalu memperhatikan hal-hal kecil apapun yang diucapkan dosen saat mengajar di kelas. Biasanya hal kecil jarang diperhatikan oleh mahasiswa lain padahal hal kecil tersebut bisa saja keluar saat ujian.

4. Belajar dari soal-soal ujian tahun sebelumnya
Salah satu cara belajar efektif adalah membuka arsip-arsip lembar ujian yang tahun lalu. Kita bisa mencari soal-soal tahun sebelumnya dari kakak tingkat atau di perpustakaan. Hampir rata-rata dosen membuat soal ujian sama dengan soal yang tahun sebelumnya. Sehingga kita bisa belajar secara efektif dan tepat sasaran.

5. Menghafal dengan metode menulis
Beberapa soal teknik sipil adalah hitungan dengan jawaban penyelesaian yang panjang sehingga sering kali saat ujian lupa rumusnya. Cara untuk belajar dan menghafal rumus adalah dengan mensimulasikan jawaban dengan cara menulis langkah-langkah jawaban berulang-ulang. Terbukti cara menghafal dengan cara menulis lebih efektif dan ampuh dibanding hanya dengan membaca berulang-ulang.

6. Ikut berkumpul/belajar bareng dengan orang yang cerdas
Agar memudahkan dalam belajar saat akan ujian adalah ikut belajar kelompok dengan teman-teman yang cerdas. Sehingga akan terpacu untuk belajar. Selain itu kita bisa berbagi ilmu antara satu dengan yang lain.

7. Menjalin hubungan baik dengan dosen
Cara menjalin hubungan baik dengan dosen bisa dilakukan dengan cara menjadi asisten dosen atau menjadi mahasiswa yang menonjol di kelas. Ketika dosen sudah mengenal kita maka akan diberikan kemudahan dalam memperoleh info-info penting tentang materi ujian yang akan dikeluarkan.

Banyak sekali tips-tips untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi di jurusan teknik sipil. Selain membanggakan bagi orang tua, akan mempermudah dalam mencari pekerjaan yang bergengsi. Karena hampir semua perusahaan besar memiliki syarat minimal IPK tertentu.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 9:18 AM

Post a Comment

Informasi Wisata