Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Apa yang istimewa dari jalan Tol?

Apa yang istimewa dari jalan Tol?- Akhir-akhir ini dunia konstruksi sedang disibukkan dengan pembangunan infrastruktur secara gila-gilaan seperti yang sudah penulis tulis di artikel Membaca peluang berkarir di industri kontraktor. di dalam artikel tersebut sudah membahas mengenai perkembangan industri kontraktor yang sangat pesat akhir-akhir tahun ini. Bahkan diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan perkembangan infrastruktur di Indonesia semakin pesat. Salah satu fokus pemerintah dalam membangun infrastruktur adalah pembangunan jalan Tol yang membentang di pulau Jawa dan pulau Sumatra. Mengapa harus jalan Tol? Apa sebenarnya yang istimewa dari jalan Tol? 

Menurut KBBI Jalan Tol adalah jalan bebas hambatan yang artinya jalan tersebut khusus untuk kendaraan minimal roda empat seperti mobil, truck, bus, trailer, dan sebagainya. Penggunaan jalan tol sangat bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang karena mampu mempersingkat jarak dan waktu tempuh. Mungkin itu adalah salah satu alasan mengapa pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun jalan tol di beberapa daerah strategis terutama di pulau Jawa dan Sumatra. Tidak tanggung-tanggung dalam pembangunan jalan tol saat ini dilakukan secara besar-besaran dengan target 1000 km dalam waktu 5 tahun.
Brebes exit tol

Apa yang dilakukan pemerintah saat ini tidak lain adalah untuk meningkatkan perekonomian dengan mempercepat pembangunan infrastruktur agar sektor-sektor penggerak perekonomian bisa menjadi lebih maksimal. Apakah pertimbangan pemerintah hanya sebatas meningkatkan perekonomian saja? tentu tidak, banyak manfaat dan tujuan lain dibangunnya jalan tol bagi masyarakat. Beberapa tujuan dan manfaat menurut BPJT (badan pengelolaan jalan tol) antara lain

Tujuan jalan Tol
1. Memperlancar lalu lintas di daerah
Tujuan utama dibangun jalan tol yang saling terhubung adalah memperlancar lalu lintas pada daerah-daerah yang telah berkembang. Kemacetan adalah salah satu permasalahan di negeri ini yang tak kunjung selesai. Penyebab kemacetan adalah meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan kapasitas jalan yang tersedia. Dengan adanya jalan tol ini diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengurangi tingkat kemacetan terutama saat musim mudik tiba.

2. Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa
Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan di atas secara global tujuan dari adanya jalan tol adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang memungkinkan waktu perjalanan menjadi lebih cepat sehingga biaya distribusi barang dan jasa bisa ditekan.

3. Meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan
Yang dimaksud adalah dengan adanya akses jalan tol dari suatu daerah ke daerah lain akan memberikan dampak baik berupa pembangunan yang merata dari tiap daerah. Jika pendistribusian barang dan jasa menjadi lebih efisien dan cepat maka pembangunan di tiap daerah pun bisa lebih cepat dan merata.

4. Meringankan beban dana pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan
Jalan tol ini memang didesain khusus menjadi jalan bebas hambatan. Bukan berarti untuk lewat jalan tol gratis juga. Para pengguna jalan tol akan dikenakan tarif di tiap gardu masuk Tol. Tarif ini pun berbeda-beda tergantung peraturan pemerintah melalu BPJT (Badan pengelolaan jalan tol).


Manfaat Jalan Tol
1. Pembangunan jalan tol berpengaruh terhadap perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi
Dengan adanya jalan tol yang membentang dari daerah satu ke daerah lain akan menimbulkan beberapa dampak baik terhadap perkembangan wilayah di setiap daerah yang dilalui. Setiap daerah yang mudah diakses akan memberikan daya tarik kepada para investor untuk menanamkan modalnya sehingga daerah tersebut akan berkembang dengan pesat.

2. Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas barang dan orang
waktu adalah uang. Kalimat itu sering kita dengar dari seorang pengusaha. Dengan adanya jalan tol, orang akan menjadi lebih cepat dan efisien dalam berbisnis antar daerah.

3. Pengguna jalan tol diuntungkan dengan penghematan biaya operasi kendaraan (BOK) dan waktu
Yang mendapatkan keuntungan langsung dengan adanya jalan tol adalah pengguna jalan itu sendiri walaupun harus membayar tarif tol, tidak sebanding dengan manfaat yang diterima oleh pengguna jalan antara lain biaya operasi kendaraan menjadi lebih hemat dan waktu tempuh lebih cepat.

4. Badan usaha mendapatkan pengembalian investasi melalui tarif tol
Seperti yang sudah diketahui, bahwa jalan tol dimiliki oleh beberapa badan usaha milik pemerintah maupun swasta yang tergabung dalam BPJT (Badan pengelolaan jalan tol). Badan usaha yang sudah menanamkan investasinya pun harus mendapatkan pengembalian modal dan keuntungan dalam jangka waktu konsesi yang diberikan oleh pemerintah. Badan usaha sangat mengandalkan dari banyaknya LHR atau kendaraan yang masuk tol sehingga mendapatkan tarif tol yang besar.

Harapan dari pemerintah dalam beberapa tahun ke depan adalah pulau jawa sudah saling terkoneksi dengan jalan tol mulai dari Merak sampai Surabaya atau disebut trans jawa. Sedangkan di pulau Sumatra akan membentang jalan tol yang panjangnya bisa dua kalinya dari trans jawa. Langkah tersebut dinilai sangat strategis terhadap pelayanan masyarakat sekaligus strategi meningkatkan perekonomian nasional.

Itulah beberapa manfaat dan tujuan jalan tol yang membuat jalan tol ini sangat istimewa dan tepat dibangun di Indonesia.
Demikian artikel tentang jalan tol. Semoga bermanfaat.

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga



Blog, Updated at: 8:12 AM

Post a Comment

Informasi Wisata