Informasi harga bahan bangunan terupdate bisa kunjungi www.harga-material.com Informasi Wisata bisa kunjungi www.carapiknik.com

Cara mengukur lebar sungai dengan mudah

Cara mengukur lebar sungai dengan mudah- Pada kesempatan ini www.jasasipil.com akan memberikan beberapa tips ringan yang bermanfaat yaitu bagaimana cara mengukur lebar sungai tanpa menyeberang sungai tersebut. Cara ini digunakan sebagai perkiraan lebar suatu sungai yang tidak ada jembatannya. Perkiraan lebar sungai pun tidak bisa seakurat apabila kita menggunakan alat ukur seperti theodolit, distometer, dan alat digital lainnya. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan oleh siapa pun karena tidak membutuhkan alat digital yang mahal. Adapun peralatan yang perlu kita sediakan hanyalah meteran, busur pengukur sudut, dan patok. 

Cara mengukur lebar sungai ini sangat praktis dan mudah digunakan karena tidak membutuhkan perhitungan rumus matematis yang rumit. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa digunakan namun pada artikel ini khusus membahas cara yang paling simpel. Berikut cara mengukur lebar sungai secara simpel 

  1. Menetapkan patok atau check point di A. Bisa berupa batu atau pohon yang berada di pinggir sungai
  2. Buat patok di titik B yang lurus denga titik A seperti pada sketsa gambar. 
  3. Berdiri dititik B menghadap titik A kemudian putar badan ke kanan 90 derajat dan berjalan lurus sampai ketemu sudut 45 derajat ke titik A dan buat patok titik C.
  4. Prinsip matematis jika sudut 45 derajat adalah panjang AB=BC sehingga kita cukup mengukur panjang BC maka akan ketemu lebar sungai AB.

Perkiraan lebar sungai ini sering dilakukan apabila sungai tidak sangat lebar dengan kata lain sungai tidak terlalu besar atau pun terlalu kecil. Tingkat keakuratannya tentu tidak sama dengan keakuratan menggunakan alat ukur digital. 


Demikian tips simpel dan mudah untuk dipelajari. Semoga bermanfaat. 

Untuk Info Lebih lanjut silahkan gabung dengan grup facebook Ilmu Proyek & Info Harga


Blog, Updated at: 7:46 AM

1 comments:

  1. pakai google earth lebih mudah ukut lebar sungainya, bisa jadi alternati tuk kumpul data pengukurang lebar sungai :-)

    ReplyDelete

Informasi Wisata